Indocement Ulang Tahun ke-47, Terus Berinvestasi Kembangkan Produk Ramah Lingkungan

Indocement Ulang Tahun ke-47, Terus Berinvestasi Kembangkan Produk Ramah Lingkungan

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk ulang tahun ke-47-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

Radarcirebon.com, BOGOR - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (Indocement) produsen Semen Tiga Roda pada merayakan ulang tahunnya yang ke-47.

Perayaan puncak HUT ke-47 Indocement berlangsung di Kompleks Pabrik Citeureup, Bogor, Jumat (5/8/2022).

Direktur Utama Indocement, Christian Kartawijaya mengungkapkan, diusianya yang ke-47 tahun Indocement telah melewati beragam fase di Indonesia dan terus tumbuh untuk menjadi salah satu perusahaan semen terkemuka di Indonesia

“Indocement merupakan pelopor master-tech di bidang industri semen yang menerapkan teknologi pabrikan semen terkini.”

BACA JUGA:Peringatan Hari Jadi ke-653 Cirebon Berjalan Sukses, Wali Kota: Terima Kasih Rekan-rekan Jurnalis

“Bahkan kita merupakan salah satu perusahaan semen pertama di Indonesia yang mulai menerapkan Industri 4.0, sehingga dapat menghasilkan produk semen bermutu tinggi, kokoh, dan ramah lingkungan,” ungkapnya.

Christian menyebutkan, pihaknya terus berupaya untuk terus menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GKR) Scope 1.

"Pada tahun 2021, emisi GKR yang dihasilkan turun menjadi 606 kg CO2 perton semen ekuivalen turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 623 kg CO2 perton semen ekuivalen. Kami juga memiliki target, pada 2025 kami akan menggunakan 25 persen bahan bakar alternatif,” sebutnya.

Selain kerja sama untuk menerima RDF dari TPST Nambo, menurut Christian, pihaknya telah menjajaki bekerjasama untuk menerima RDF dari Tempat Pengolahan Sampah Terpadu lainnya.

BACA JUGA:Usai Direvitalisasi, Ridwan Kamil Resmikan Situ Rawa Kalong

"Indocement terus memperkuat komitmen keberlanjutannya dengan terus berinvestasi dan mengembangkan produk-produk yang ramah lingkungan, hal ini juga sejalan dengan Indocement New Purpose yaitu Material to Build Our Future.”

“Sejak 2021, Indocement juga terus mendorong penggunaan semen hijau di Indonesia, salah satunya melalui produk semen hidraulis yang proses produksinya menggunakan kadar klinker yang lebih rendah dibanding OPC sehingga mampu mengurangi penggunaan batu bara dan jumlah CO2 yang jauh lebih rendah," ujarnya.

Selama lima tahun ini, lanjut Christian, Indocement juga telah menginvestasikan lebih dari Rp1 triliun untuk investasi keberlanjutan.

 BACA JUGA:BIAN 2022, Lurah Kasepuhan: Baru Mencapai 44 Persen

"Sebagai pelopor di sektor industri semen yang sudah menerapkan Sistem Informasi Pemantauan Emisi Industri Kontinyu (SISPEK), Indocement juga secara rutin melakukan evaluasi peta jalan strategi perubahan iklim untuk memastikan penurunan emisi sesuai dengan target," tandasnya.

Christian memaparkan, berbagai komitmen telah berhasil mengantarkan Indocement meraih sejumlah penghargaan hijau, antara lain di penghujung tahun 2021 Indocement berhasil mendapatkan hattrick penghargaan proper hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk ketiga kompleks pabriknya yaitu Kompleks Pabrik Citeureup, Kabupaten Bogor, Kompleks Pabrik Cirebon, dan Kompleks Pabrik Tarjun, Kalimantan Selatan, kata Christian Kartawijaya.

Sementara itu Direktur dan Sekretaris Perusahaan Indocement Antonius Marcos menambahkan, tema HUT Indocement ke-47 adalah Keceriaan Bersama Indocement.

BACA JUGA:PT Jamkrindo Promosikan UMKM Binaan di AJang Cirebon Expo

"Tema ini mempunyai makna setelah lebih dari dua tahun mengalami pendemi Covid-19 yang membatasi semua kegiatan, ingin mengembalikan keceriaan dan semangat kebersamaan yang sempat hilang tersebut. Salah satunya, dengan melaksanakan berbagai kegiatan bersama-sama dengan tetap memerhatikan aspek protokol pencegahan Covid-19," imbuhnya.

Pada Kamis pagi, Indocement melaksanakan kegiatan Quarry Walk di Kompleks Pabrik Citeureup.

Ratusan peserta yang terdiri karyawan, komisaris, dan jajaran direksi Indocement serta jurnalis dari Kota dan Kabupaten Bogor diajak berkeliling sejauh 4,6 km di area reklamasi yang terletak di Quarry D, Kompleks Pabrik Citeureup. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase