Revitalisasi Rawa Kalong, Situ yang Kumuh Jadi Indah

Revitalisasi Rawa Kalong, Situ yang Kumuh Jadi Indah

Inilah tampak Situ Rawa Kalong, Kota Depok setelah direvitalisasi-Biro Adpim Jabar-Biro Adpim Jabar

Radarcirebon.com, DEPOK - Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok sekarang menjadi situ yang indah setelah direvitalisasi.

Penggagas revitalisasi Situ Rawa Kalong, yang juga Ketua Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Curug Muhammad Nurdin mengatakan, selain kumuh dan tak terurus, situ seluas 8.5 hektare itu dulunya juga menjadi tempat pembuangan sampah domestik, limbah industri, dan keramba ikan yang kurang produktif.

"Sejak 2016, saya bareng kawan-kawan terus memperjuangkan penyelematan situ ini ke Pemerintah Kota Depok dan Pemda Provinsi Jabar untuk segera direvitalisasi," kata Nurdin, di Kota Depok, Jumat (5/8/2022).

BACA JUGA:Australia U-16 Angkat Kaki dari Piala AFF 2022, Negara Ini yang Menyingkirkannya

Setelah direvitalisasi dengan anggaran sekitar Rp 21 miliar, kini Rawa Kalong menjadi tempat favorit warga Depok untuk rekreasi dengan sejumlah fasilitas, di antaranya gedung aula, floating deck, vertical garden, taman lansia, pedestrian, area UMKM, juga terdapat alun-alun kecil yang mengapung di atas air.

Situ ini selain sebagai irigasi berfungsi pula untuk pengendali banjir, dan saat ini juga menjadi tujuan wisata yang berdampak pada ekonomi masyarakat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong hasil revitalisasi ini. Ia  berpesan kepada warga supaya situ ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

"Yang paling penting adalah bersama-sama menjaga dan merawatnya. Kalau masih ada kurang-kurang sedikit terkait fasilitasnya, nanti bisa ditambah bertahap," ucapnya.

BACA JUGA:Johann Zarco Tercepat dalam FP 1 MotoGP Inggris, Quartararo Terancam Kena Pinalti

Pada kesempatan tersebut, Gubernur bersama Wali Kota Depok Mohammad Idris juga menjajal fasilitas floating deck  ditemani pesohor Bonge dan kawan-kawan dari anak-anak muda SCBD (Sudirman-Citayam-Bojonggede-Depok). 

Bonge mengucapkan terima kasih kepada Ridwan Kamil atas wajah baru Situ Rawa Kalong yang membuka ruang bagi anak-anak muda untuk berekspresi.

"Terima kasih kepada Pak Gubernur, yang juga hadir saat ini," kata Bonge.

Bonge pun menyampaikan kepada warga untuk memanfaatkan sebaik-baiknya Situ Rawa Kalong dengan menjaga kebersihan dan ketertiban.

BACA JUGA:Ridwan Kamil: Didik Anak Sesuai Zamannya

"Jaga kebersihan, ketertiban, dan jangan buang sampah sembarangan. Jangan lupa juga tetap jaga protokol kesehatan," imbau Bonge. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo jabar