Tegas, Presiden Jokowi Minta Pembagian BLT BBM Mudah, Cepat, dan Tepat Sasaran

Tegas, Presiden Jokowi Minta Pembagian BLT BBM Mudah, Cepat, dan Tepat Sasaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi).-BPMI Setpres-BPMI Setpres

Radarcirebon.com, JAKARTA – Sebagai konpensasi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, pemerintah memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga Indonesia yang berhak menerimanya.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pun menegaskan bahwa penyaluran BLT BBM ini harus bisa disalurkan secara menyeluruh dan merata.

Ia ingin BLT BBM itu bisa didapat masyarakat dan bisa dicairkan dengan mudah bagi mereka yang sangat terdampak dengan kenaikan harga BBM.

BACA JUGA:Curhat ke PM India dan China, Vladimir Putin Bilang Begini Soal Konflik dengan Ukraina

Secara tegas, Jokowi meminta agar sistem pembagian BLT BBM kepada masyarakat bisa didapat dengan mudah, cepat, dan tepat sasaran

"Saya ingin pembagian dilakukan secara mudah, secara cepat, dan tepat sasaran," tegas Jokowi, dikutip dari laman Kepresidenan pada Minggu, 17 September 2022.

Subsidi BBM yang sudah dialihkan menjadi BLT ini diharapkan pemerintah bisa tersalurkan seutuhnya dengan lebih tepat sasaran.

BACA JUGA:Pemerintah Ukraina Temukan Kuburan Massal di Wilayah Bekas Pendudukan Rusia

Sementara itu, Menteri Keuangan, Menteri Sosial, dan Menteri Ketenagakerjaan sudah mendapat mandat dari Jokowi untuk secepatnya menyalurkan BLT BBM dan Bantuan Subsidi Upah (BSU) ke masyarakat yang terdampak kenaikan BBM.

"Pembagian telah dimulai secara masif di kantor pos-kantor pos untuk BLT BBM sejak akhir Agustus yang lalu," paparnya.

Tak lupa Jokowi beberapa kali menyempatkan diri untuk bisa memantau situasi dari penyaluran BLT BBM.

BACA JUGA:Fungsi Vaksinasi Covid-19 Sangat Penting bag Tubuh di Kemudian Hari, Berikut Penjelasan dari Ahlinya

Pemantauan itu dilakukannya saat setiap kunjungan kerjanya ke sejumlah daerah-daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Yang pertama ada di Kabupaten Jayapura, kemudian di Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dan juga di Kota Bandar Lampung.

Dan kemarin juga saya melihat juga di Provinsi Maluku, di Kabupaten Maluku Tenggara, di Kota Tual, di Kepulauan Aru, dan juga di Kabupaten Maluku Barat Daya.  Saya melihat pembagian sudah berjalan dengan baik,” tutupnya.

BACA JUGA:Manchester City Menang Tiga Gol Tanpa Balas di Kandang Wolves, Grealish Cetak Sejarah

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Kementerian Sosial telah menyalurkan BLT BBM sebesar Rp600.000, yang diberikan dalam dua tahap, yaitu pada bulan September dan Desember.

Di mana, BLT yang diterima dalam setiap tahap, yaitu masing-masing sebesar Rp300.000. Adapun pencairan BLT BBM ini akan melibatkan PT Pos Indonesia.

Bagi masyarakat yang terdaftar sebagai penerima manfaat BLT BBM, bisa segera mencairkan nya melalui kantor pos terdekat.

BACA JUGA:Akhirnya, WHO Menyatakan Pandemi Covid-19 Akan Segera Berakhir, Tapi…

Untuk mengecek apakah anda terdaftar sebagai penerima manfaat BLT BBM atau tidak, silahkan mengunjungi website resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Kemudian masukkan data domisili berupa provinsi, kabupaten, kecamatan, desa, dan nama sesuai KTP. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase