Pabrik Printer Epson Transisi ke 100 Persen Listrik Terbarukan

Pabrik Printer Epson Transisi ke 100 Persen Listrik Terbarukan

Sertifikat dan upacara penandatanganan Epson dan perusahaan listrik. Foto:-Istimewa-radarcirebon.com

Radarcirebon.com - Seiko Epson Corp mengumumkan bahwa listrik yang digunakan di PT Indonesia Epson Industry (IEI) mulai sekarang akan dihasilkan dari sumber energi biomassa terbarukan.

Transisi ke listrik terbarukan ini terjadi setelah kesepakatan yang ditandatangani pada bulan Juli lalu dengan pemasok listrik lokal yang baru saja mulai beralih dari batu bara ke energi biomassa.

IEI, yang merupakan pelanggan pertama perusahaan listrik yang mengubah ke biomassa, menggunakan sekitar 37 GWh listrik per tahun dan akan membutuhkan sekitar 22.828 ton bahan bakar biomassa per tahunnya.

Energi yang digunakan untuk pembangkit listrik berasal dari sumber energi alam termasuk cangkang sawit yang terbentuk dari banyaknya pohon-pohon sawit di daerah tersebut.

BACA JUGA:Suzuki Satria F150 Special Edition, Kini Ada di Indonesia

BACA JUGA:Oknum Karyawan JNE Jual Beli Ganja Lewat Jasa Pengiriman, Berakhir di Penjara

Cangkang sawit dihasilkan setelah kelapa sawit diekstraksi dan sebelumnya dianggap sebagai limbah.

Namun, baru saja dilihat sebagai sumber yang baik untuk bahan bakar biomassa karena mudah terbakar pada suhu tinggi dikarenakan airnya yang rendah dan kandungan kalori yang tinggi.

Dalam Visi Lingkungan yang ditetapkan pada tahun 2021, Epson berkomitmen untuk dapat bebas karbon dan sumber daya bawah tanah pada tahun 2050.

Untuk mencapai tujuan dekarbonisasi yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris, Epson telah memposisikan penggunaan listrik terbarukan sebagai tindakan utama dalam skema pencapaian Target Berbasis Sains 2025.

BACA JUGA:Viral Pengakuan Wartawan Disekap di Karawang, Dipaksa Minum Air Kencing oleh Oknum Pejabat

BACA JUGA:Fenomena Ratusan Jenazah Utuh di Cilegon, Dulu Tempat Tinggal Para Santri yang Taat Ibadah

Oleh karena itu, perusahaan telah menetapkan tujuan Utama untuk mengubah 100% listrik terbarukan di seluruh dunia pada tahun 2023.

Untuk mencapai hal ini, Epson secara berkelanjutan mengubah situsnya di seluruh dunia menggunakan sumber termasuk panel surya besar, panas bumi, dan pembangkit listrik tenaga air berdasarkan karakteristik wilayah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: