Ciayumajakuning Entrepreneur Festival 2022 Berlangsung Tiga Hari di Grage Mall

Ciayumajakuning Entrepreneur Festival 2022 Berlangsung Tiga Hari di Grage Mall

Dalam rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon kembali menggelar Ciayumajakuning Entrepreneur Festival 2022 dengan Tagline "Green Lifestyle in Digital Era". -APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADARCIREBON.COM

Radarcirebon.com, CIREBON - Dalam rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon kembali menggelar Ciayumajakuning Entrepreneur Festival 2022 dengan Tagline "Green Lifestyle in Digital Era".

Opening ceremony digelar hari ini, Jumat 28 Oktober 2022. Adapun rangkaian kegiatan CEF akan berlangsung hingga Minggu 30 Oktober 2022 mendatang.

Kepala KPw BI Cirebon, Hestu Wibowo menuturkan CEF tahun ini mengambil tema Ekonomi Hijau Digital untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Ciayumajakuning yang Berkelanjutan".

BACA JUGA:Bareskrim Polri Periksa Dua Produsen Obat Sirup, Dirtipidter: Kemungkin Bertambah

Kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid di Atrium dan Area Parkir Grage Mall Cirebon serta disiarkan melalui kanal zoom, instagram dan youtube Bank Indonesia Cirebon.

Gelaran ini diharapkan mampu mendorong UMKM terus maju sebagai salah satu pendorong pemulihan ekonomi nasional.

"CEF menjadi salah satu wujud nyata BI dalam mendukung pertumbuhan UMKM, sehingga bisa naik kelas dan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru saat ini," terangnya.

BACA JUGA:Pemprov DKI Jakarta Langsung Distribusikan Obat Antidotum ke Rumah Sakit untuk Pasien Gagal Ginjal Akut

Tema yang dihadirkan dalam CEF kali ini berkaitan dengan grakan nasional yang dicanankan Indonesia saat ini seperti bangga buatan Indonesia, berwisata di Indonesia, hingga salah satu topik G20 yakni ekonomi hijau.

Saat ini ekonomi tidak hanya membangun pabrik dan industri namun juga concern pasa isu lingkungan.

Melalui kegiatan ini KPw BI Cirebon turut memperke alkan ekonomi hijau yang menjadi solusi di tengah masa pemulihan ekonomi hingga ancaman krisis energi, krisis ekonomi, dan krisis pangan saat ini.

BACA JUGA:Mengenal Benzena, Zat Berbahaya yang Diduga Terdapat dalam Produk Sampo Terkenal

"Dengan mengusung green economy ini, nantinya UMKM pun siap untuk bersaing di pasar global," jelasnya.

Lanjutnya, KPw BI Cirebon juga turut memberikan solusi terhadap permasalahan yang dialami UMKM dari sisi pembiayaan.

Melalui business marching yang berkelanjutan, pihaknya mempertemukan UMKM dan lembaga pembiayaan. Sehingga UMKM dapar meningkatkan produksinya dan memperluas pasar.

Di samping itu, selama rangkaian CEF berlangsung masyarakat bisa menukarkan botol plastik air mineral dengan uang yang bisa ditransfer ke dompet digital masing-masing.

Bekerjasama dengan Plastic Pay, disediakan alat besar yang dapat menampung botol plastik, masyarakat akan mendapatkan point dari setiap botol yang dimasukkan. Point tersebut bisa direedem dan dikonversikan ke rekening pribadi.

BACA JUGA:Soal Desakan Kasus Gagal Ginjal Akut Ditetapkan Sebagai KLB, Begini Tanggapan Wapres KH Ma’ruf Amin

"Ini kami hadirkan untuk mensosialisasikan bahwa sampah juga memiliki nilai ekonomis dan bisa di monetisasi, selain ktu juga diharapkan dalat me jadi life style masyarakat Cirebon untuk lebih peduli terhadap sampah," tukasnya.

Rangkaian CEF 2022 juga akan dimeriahkan oleh berbagai talkshow interaktif, games berhadiah, berbagai lomba, dan hiburan dari Wali Band pada Sabtu 29 Oktober 2022.

Selama acara berlangsung  masyarakat juga bisa melakukan penukaran uang dan mengunjungi serta menikmati berbagai produk UMKM binaan KPw BI Cirebon.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Cirebon Dra Hj Eti Herawati menuturkan turut mengapresiasi gelaran CEF 2022.

BACA JUGA:Waspada! Stroke Tidak Hanya Menyerang Pasien Lansia, Tapi Belakangan Menyerang Anak Muda

Apalagi dipilihnya mall sebagai pusat perekonomian menjadi strategi yang baik dalam mendorong pergerakan ekonomi.

Diharapkan PAD juga bisa meningkat dengan adanya gelaran ini. Terkait tema green economy tahun ini Eti turut mengapresiasi dan mendukung penuh.

"Program tersebut sesuai arahan pemerintah Provinsi Jawa Barat, kami juga siap memberikan ruang dan regulasi menuju ekonomi hijau ke depan," pungkasnya.

BACA JUGA:Cara Merawat Cat Mobil Agar Tidak Cepat Kusam, Ternyata Mudah

Di samping itu, Wakil CEO Grage Group, Bamunas Setiawan Boediman mengatakan hadirnya para UMKM di mall manjadi tempat yang tepat untuk memperluas market saat ini. 

Apalagi berbagai produk yang dibawa UMKM binaan BI beragam. Grage Mall dalam hal ini siap untuk mendatangkan market bagi mereka.

"Ke depan harusnya UMKM bisa masuk mall, akan kami siapkan dan kaji kembali karena kendalanya saat ini kami belum ada kurator," tukasnya. (apr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase