Diapresiasi Pemerintah Pusat, Program Jabar Masagi Akan Direplikasi secara Nasional

Diapresiasi Pemerintah Pusat, Program Jabar Masagi Akan Direplikasi secara Nasional

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri Peresmian Tugu Sekolah Model Profil Pelajar Pancasila Jabar Masagi dan Festival Praktik Baik Tempat Kearifan dan Potensi Lokal “Niti Bukti" Sakola Masagi dari Jawa Barat Untuk Indonesia" di SMA Negeri 25, Kota B-Biro Adpim Jabar-

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Provinsi Jawa Barat terus berkomitmen menciptakan sumber daya manusia yang memiliki budi pekerti luhur melalui pendidikan berbasis kearifan lokal Jabar Masagi

Dengan pendidikan Jabar Masagi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap bisa memperkuat karakter anak didik berdasarkan tiga irisan budaya yang hadir di Jabar. 

Jabar Masagi pun telah mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Direncanakan Program Jabar Masagi  direplikasi secara nasional. 

BACA JUGA:Pertemuan Berakhir Deadlock, Rahardjo Djali: Besok Kita Berkirim Surat ke Polres dan Kodim

"Hari ini kita mendapat apresiasi dari Kemendikbudristek terkait tiga Program Merdeka Belajar, Literasi, Numerasi dan Karakter. Nomor tiganya, Jawa Barat sangat siap," kata Ridwan Kamil di SMA Negeri 25, Kota Bandung, Kamis 24 November 2022.

Program Jabar Masagi yang mulai diterapkan di Jawa Barat pada masa kepemimpinan Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum ini menjadi sebuah percontohan pembelajaran berbasis budaya di berbagai daerah se-Indonesia. 

"Nah, tadi Pak Dirjen (Iwan Syahril) menyampaikan karena kami sudah panjang eksperimentalnya, kalau berkenan bisa direplikasi sesuai kearifan lokal Nusantara, hingga ini menjadi sebuah percontohan," tuturnya. 

BACA JUGA:Hilang di Laut Irlandia, Tariah Berharap Jasad Suaminya Ditemukan

Ridwan Kamil menjelaskan, dengan Program Jabar Masagi seluruh anak didik di Jawa Barat bisa memiliki pribadi yang menjunjung budi pekerti berbasis budaya. 

"Ini usaha sudah berlangsung sejak 2018, yaitu menyiapkan sebuah kurikulum pendidikan karakter berbasis kearifan lokal irisan tiga budaya, sehingga anak-anak Jawa Barat bisa kuat mempunyai karakter berbasis budaya," ujarnya. 

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil berharap dengan pendidikan Jabar Masagi bisa mengurangi permasalahan yang kerap kali terjadi di lingkungan sekolah. 

BACA JUGA:Wabup Ayu Serahkan 3000 Asuransi Nelayan Binaan Cirebon Power

"Tidak boleh ada perundungan kekerasan seksual, tidak boleh ada hal-hal yang menyangkut etika tata krama, semua dilatih dalam nilai-nilai Niti Surti, Niti Harti, Niti Bukti, dan Niti Bakti, yang sudah kita ajarkan di sekolah-sekolah," imbuh Kang Emil. 

Dalam acara tersebut, Ridwan Kamil didampingi Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek Iwan Syahril menandatangani tugu tentang Model Pelajar Jabar Masagi yang berlandaskan Pancasila. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase