Poltekpar Prima Internasional Gelar Table Manner

Poltekpar Prima Internasional Gelar Table Manner

TABLE MANNER: Poltekpar Prima Internasional bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Cirebon menggelar workshop Table Manner di kampus setempat, Jalan Perjuangan Kota Cirebon, Kamis (24/11). -Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM  - Dalam mengedukasi tata cara penyajian makanan di meja makan dan penampilan di acara resmi, Politeknik Pariwisata Prima Internasional (Poltekpar Prima Internasional) bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Cirebon menggelar workshop Table Manner di Kampus Poltekpar Prima Internasional, Jalan Perjuangan Kota Cirebon, Kamis (24/11).

Wakil Direktur Bidang Akademik Poltekpar Prima Internasional, Riyanto Wibowo SST MSi mengatakan, pelatihan kepribadian dan Table Manner tersebut dalam rangka menyambut HUT DWP Kabupaten Cirebon ke-23.

Workshop Table Manner ini, diikuti 102 peserta. Banyak peserta yang ingin ikut, tapi dibatasi karena terbatas. Subtansi dari Table Manner ini, masih kata Riyanto, melatih tata cara penyajian makanan pada jamuan resmi.

Ketika ada jamuan resmi yang dihadiri ibu-ibu dalam mendampingi suami, misalnya menghadiri undangan resmi, harapannya, supaya punya pengalaman atau pengetahuan bagaimana beretika dalam menghadiri jamuan resmi tersebut. Seperti gala dinner G-20 di Bali, acara kenegaraan lainnya, hingga acara gubernuran.

BACA JUGA:Sultan Sepuh Alexander Disebut Tidak Tercatat di Leiden, Rahardjo Djali: Hanya Sampai Sultan Sepuh XI

“Acara ini pernah dilakukan tahun 2012 lalu dengan DWP Kabupaten Cirebon. Tapi ada yang baru pertama kali mengikuti kegiatan ini,” ujar Riyanto.

Workshop Table Manner, diharapkan, ibu-ibu lebih percaya diri. “Maka dari itu, kita ajarkan penampilan, mulai tata cara duduk, menggunakan peralatan makan, tata cara berbicara selama jamuan resmi, dan lainnya. Karena, hal itu sangat dibutuhkan. Table Manner ini suatu kenicayaan dengan perkembangan yang terjadi. Maka, diperlukan latihan,” tandasnya.

Ketua DWP Kabupaten Cirebon, Ela Komalasari mengatakan, Table Manner tersebut adalah rangkaian kegiatan menyambut HUT DWP Kabupaten Cirebon ke-23. Workshop ini diikuti seluruh ketua DWP di seluruh OPD, dan ibu-ibu DWP tingkat kecamatan se-Kabupaten Cirebon.

Ela menjelaskan, sebetulnya manfaat yang ingin didapatkan, adalah memeroleh hal bermanfaat tentang etika dan tata cara yang baik saat menghadiri jamuan makan. Karena, dengan aturan, akan tahu sopan santun di maja makan. “Alhamdulillah acara ini ini sesuai target, dihadiri 100 orang,” pungkasnya.

BACA JUGA:Konflik Keraton Kasepuhan Cirebon, Dewan Kalungguhan Minta Pemda Ambil Alih Pengelolaan Wisata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: