Sesaat Lagi Kirab Budaya Cap Go Meh Cirebon, Peserta Sudah Bersiap, Warga Antusias

Sesaat Lagi Kirab Budaya Cap Go Meh Cirebon, Peserta Sudah Bersiap, Warga Antusias

Suasana jelang Kirab Budaya Cap Go Meh Cirebon. -Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Sesaat lagi akan berlangsung Kirab Budaya Cap Go Meh di Kota CIREBON, Minggu, 5, Februari 2023 yang dimulai dari Vihara Dewi Welas Asih.

Ketua Panitia Cap Go Meh Kota Cirebon, Iwan Santoro mengatakan, untuk tahun ini suasana memang lebih meriah setelah kegiatan tersebut selama 2 tahun berhenti karena Pandemi Covid-19.

Karenanya, tahun ini Kirab Budaya Cap Go Meh kembali dilaksanakan dan melibatkan masyarakat banyak. 

"Kami cukup bahagia dan bersyukur kirab Cap Go Meh bisa dilaksanakan kembali pada tahun ini. Semoga di tahun berikutnya juga kami rutin menyelenggarakan kembali," tuturnya, kepada radarcirebon.com.

BACA JUGA:Balon Mata-mata China Ditembak Amerika, Joe Biden: Demi Keselamatan Rakyat Amerika

Saat ini, peserta dan panitia sedang melakukan persiapan di sekitar Viraha Dewi Welas Asih. Juga di sekitar Jalan Pasukan Kota Cirebon. 

Rencananya kirab akan dilaksanakan sekitar pukul 13.00 WIB dan akan mengelilingi sejumlah ruas jalan di Kota Cirebon. Masyarakat juga antusias menantikan acara ini. 

Rencananya kegiatan acara puncak Imlek 2574 Kongzili atau 2023 tersebut akan diisi dengan iring-iringan memutari sejumlah wilayah di Kota Cirebon dengan atraksi barongsai, liong, joli, dan lain-lainnya.

Menurutnya, nanti dalam kegiatan Cap Go Meh 2023 ini akan dimulai dari Vihara Dewi Welas Asih dengan rangkaian sambutan, penghormatan dewa-dewi, hingga pengangkatan secara simbolis salah satu joli yang melambangkan kejujuran dan kesetiaan. 

BACA JUGA:Jumlah Kelompok Mekaar Menjadi Agen BRILink Terus Meningkat, Sinergitas Ekosistem Ultra Mikro Semakin Solid

“Rangkaiannya ada sambutan, penghormatan dewa-dewi dari semua sasana, penyalaan mercon bersama Forkopimda, pengangkatan joli Dewi Kwan Tek Kun secara simbolis dari Forkopimda, baru kita mulai iring-iringan,” jelas Richard. 

Nantinya, kata Richard, pelaksanaan iring-iringan memutari Kota Cirebon akan dimulai sekitar pukul 14.00 WIB dan diestimasikan selesai pukul 17.00 WIB. Rutenya pun direncanakan akan melewati sejumlah vihara yang ada di Kota Cirebon.

Adapun rute yang akan ditempuh pada tahun ini akan melewati Jalan Pasuketan, Pekiringan, Parujakan, Sukalila Selatan, Karanggetas, Jagabayan, Winaon, Kanoman, Talang, Kebumen, hingga kembali ke Vihara Dewi Welas Asih. 

“Rencananya pun akan ada barisan bendera merah putih, prajurit keraton, Sanggar Tari Sekar Pandan, hingga mobil hias. Kemudian ada juga karakter-karakter Dewi Kwan Im, Sun Go Kong, dan lain sebagainya,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: