APD Dijadikan Kampanye Pilkada

Kamis 01-10-2020,22:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KEMENTERIAN Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi setiap pasangan calon (paslon) dalam pelaksanaan kampanye dengan metode penyebaran dalam bentuk Alat Pelindung Diri (APD).

Selain itu, ada bahan kampanye yang mendukung penanganan dan pencegahan penularan Covid-19. “Kami mengapresiasi setiap pasangan calon yang melaksanakan Kampanye dengan memanfaatkan momentum sebagai bagian dari perlawanan Covid-19. Ini merupakan bagian kepedulian pasangan calon terhadap sosialisasi pendisiplinan masyarakat dan pengananan penularan Corona,” ungkap Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Benni Irwan di Kemendagri, Jakarta, Rabu (30/9).

Dia menegaskan, pelaksanaan kampanye harus benar-benar mematuhi aturan sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 13 Tahun 2020 serta peraturan perundang-undangan lainnya.

“Banyak hal yang harus diperhatikan pada masa kampanye ini. Misalnya membatasi jumlah orang dan disiplin jaga jarak. Bahan kampanye yang biasanya berupa kaos, topi, dan sebagainya, lebih bermanfaat dalam bentuk hand sanitizer, masker, sabun, alat cuci tangan, face shield dan sebagainya,” imbuh Benni.

Selain itu, tema utama kampanye diharapkan dalam visi misi menyampaikan tentang strategi perlawanan terhadap corona. Sementara itu, memasuki tahapan kampanye Pilkada mulai 26 September sampai 5 Desember mendatang, Mendagri Tito Karnavian mengingatkan bahwa Pilkada bukan sekadar agenda politik.

“Ini adalah gerakan masif melibatkan hampir 106 juta pemilih potensial. Maka inilah momentum penting. Karena lebih dari 700 pasangan calon berkompetisi. Karena itu,mindsetnya adalah Pilkada sebagai momentum penting memberikan kontribusi menekan penyebaran Covid -19 di wilayah masing-masing,” tegas Tito.

Adapun strategi utama yang akan digunakan untuk menyukseskan Pilkada adaah mendorong daerah melakukan rapat koordinasi dengan para stakeholder terkait. (khf/rh/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=UOZZlqjdrKk
Tags :
Kategori :

Terkait