RUU Ciptaker Disahkan, Menteri Ida Fauziyah Tulis Surat Terbuka untuk Buruh

Selasa 06-10-2020,12:24 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

JAKARTA - Rancangan Undang-undang (RUU) Cipta Kerja atau Omnibus Law yang disahkan DPR menjadi UU pada Senin (5/10) diprotes keras buruh secara nasional. Jutaan buruh di sejumlah daerah serentak mengancam aksi mogok nasional.

Rencananya aksi buruh mogok nasional mulai hari ini (6/10) hingga Kamis (8/10). Mereka akan melakukan demonstrasi menolak UU Ciptaker.

Menyikapi rencana aksi buruh mogok nasional, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menulis surat terbuka. Surat itu ditujukan kepada kaum buruh dan pekerja.

Baca juga:

Buruh Ancam Mogok Nasional

“Limbah” yang Bikin Ketua DPRD Kuningan Terpojok dan Minta Maaf

Penjelasan Mengapa Jenazah Pasien Covid-19 Masih Menggunakan Popok

2

Seperti dilansir RMOL, dalam surat ini Ida Fauziyah menegaskan bahwa dirinya bersama dengan kaum buruh yang masih bekerja maupun yang sedang menganggur.

Atas alasan itu, Menteri asal PKB tersebut memastikan UU Ciptaker yang dihasilkan pemerintah dan parlemen terang benderang berpihak pada buruh. Jika dibaca secara utuh, maka UU Ciptaker mayoritas berisi poin yang mengakomodir kepentingan pekerja dan buruh. Walaupun memang tidak 100 persen terakomodasi semua.

Ida Fauziyah pun meminta kepada para buruh yang akan menggelar mogok dan aksi massal untuk mengurungkan niat. Sebab pandemi Covid-19 masih tinggi, sehingga tidak memungkinkan bagi buruh untuk berkerumun menggelar aksi.

Berikut isi lengkap surat terbuka Menaker Ida Fauziyah kepada serikat pekerja dan buruh:

”Hati Saya Bersama Mereka yang Bekerja dan yang Masih Menganggur\"

Kepada teman-teman serikat pekerja/serikat buruh,

Sejak awal 2020 kita telah mulai berdialog tentang RUU Cipta Kerja, baik secara formal melalui lembaga Tripartit, maupun secara informal. Aspirasi kalian sudah Kami dengar, sudah Kami pahami.

Sedapat mungkin aspirasi ini kami sertakan menjadi bagian dari RUU ini. Pada saat yang sama kami juga menerima aspirasi dari berbagai kalangan.

Tags :
Kategori :

Terkait