Kuota Umrah Ditambah Jadi 75 Persen

Rabu 21-10-2020,00:01 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi pada Minggu (18/10) waktu setempat, kembali mengizinkan warganya dan residen atau warga negara asing yang tinggal di negara tersebut, untuk melakukan ibadah umrah di Masjidil Haram, Mekah. Setelah tujuh bulan ditutup akibat pembatasan virus corona (Covid-19).

Dikutip dari laman Arab News, Senin (19/10/2020), Pemerintah Arab Saudi juga menambah kapasitas hingga 15.000 umat umrah dan 40.000 jamaah atau sekitar 75 persen. Jamaah diizinkan beribadah di Masjidil Haram dengan tetap mengikuti protokol kesehatan seperti mengenakan masker.

Pihak berwenang Mekah menuturkan, Masjidil Haram harus disterilkan setiap sebelum dan sesudah tiap kelompok jamaah melakukan ibadah. Sensor termal telah dipasang untuk mengukur suhu tubuh jamaah.

Hal ini dilakukan, sebagai bagian dari tahap kedua dari dimulainya kembali pembukaan ibadah secara bertahap. Tahap kedua memungkinkan untuk salat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah.

Namun, kelompok jamaah hanya diberi waktu tiga jam untuk menyelesaikan ritual umrah. Pembukaan tahap pertama ibadah umrah pertama kali dilakukan pada 4 Oktober 2020.

Kementerian Dalam Negeri Saudi mengatakan, keputusan itu diambil setelah menilai perkembangan virus corona dan menanggapi keinginan umat Islam di seluruh dunia untuk melakukan ibadah umrah tersebut.

Sebelumnya, Arab Saudi menghentikan sementara penerimaan jamaah umrah dari sejumlah negara. Hal itu sebagai langkah antisipasi terkait maraknya penyebaran Virus Corona jenis baru atau Covid-19 di seluruh dunia.

2

Tahap pertama dari proses dibukanya kembali kegiatan ibadah umrah secara bertahap akan mencakup mengizinkan warga negara dan ekspatriat dari dalam Kerajaan untuk melakukan umrah dengan kapasitas 30 persen mulai 4 Oktober. Ini setara dengan 6.000 jamaah per hari.

Selanjutnya, fase kedua akan meningkatkan kapasitas Masjidil Haram menjadi 75 persen, yang akan mencakup 15.000 jemaah dan 40.000 jemaah dalam sehari mulai 18 Oktober.

Pada tahap ketiga, jemaah haji dari luar negeri termasuk Warga Negara Indonesia (WNI) akan diizinkan untuk melakukan umrah mulai 1 November dengan kapasitas penuh hingga 20.000 jemaah dan 60.000 jamaah per hari.

Tahap keempat akan membuat Masjidil Haram kembali normal, ketika semua risiko COVID-19 telah hilang. Masuknya jemaah, jemaah dan pengunjung akan diatur melalui aplikasi bernama “I\'tamarna\".

Aplikasi ini akan diluncurkan oleh Kementerian Haji dan Umrah, dengan tujuan untuk menegakkan standar kesehatan dan memudahkan jamaah untuk memesan perjalanan mereka.

Pihaknya juga mengatakan bahwa akan kembali memulihkan umrah ke kapasitas penuh setelah ancaman pandemi mereda. Hingga saat ini, Arab Saudi telah mencatat lebih dari 342 ribu kasus Covid-19 dan 5.185 kematian. (der/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=XaZew2A8g6c
Tags :
Kategori :

Terkait