Kota Cirebon Keluar dari Zona Merah, di Jabar Tinggal Depok

Jumat 30-10-2020,21:47 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

BANDUNG - Kota Cirebon bukan lagi zona merah covid 19. Gubernur Jawa Barat menyatakan Kota Depok menjadi satu-satunya wilayah di Provinsi Jabar yang menyandang status tersebut.

Berdasar kajian epidemiologi dalam sepekan terakhir diketahui hasilnya Kota Depok kembali menjadi zona merah Covid-19, karena adanya peningkatan kasus Covid-19 pada klaster keluarga dan perkantoran.

Sebelumnya sempat tujuh wilayah zona merah, lima, tiga, dua pekan lalu, Kabupaten Bekasi dan Kota Cirebon. “Sekarang tinggal satu, yaitu Kota Depok. Kota Depok kembali merah karena pergerakan, klaster rumah dan perkantoran, itu ternyata masih meningkat,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara di Bandung.

Walaupun zona merah Covid-19 di Provinsi Jabar tinggal menyisakan satu wilayah, menurut RidwanKamil, tingkat positive rate atau jumlah orang yang terkonfirmasi positif dari 100 persen tes polymerase chain reaction (PCR) yang dilakukan masih tinggi.

”Yang kurang baik adalah jumlah positivity rate. Orang yang positif dari 100 persen tes PCR masih tinggi, di 17 persen. Idealnya harus di lima persen,” terang Ridwan Kamil.

Pihaknya juga terus melakukan penegakan aturan terkait penerapan protokol pencegahan Covid-19. Hingga saat ini, sedikitnya tercatat 32.800 pelanggaran protokol Covid-19 dimana 30.000 di antaranya dilakukan individu.

”Jadi aturan pelanggaran protokol Covid-19 terus kita tingkatkan. Dari 32.800 pelanggaran, 30.000-nya adalah pelanggaran individu,” tutur Ridwan Kamil. (yud/RB)

Tags :
Kategori :

Terkait