92 Rumah Terdampak Puting Beliung

Sabtu 31-10-2020,21:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

SUKABUMI – Sedikitnya 92 rumah mengalami kerusakan karena angin puting beliung. Kepala Bidang Kedaruratan Logistik, BPBD Kabupaten Sukabumi Maman Suherman mengatakan, permukiman terdampak bencana puting beliung berada di Desa Tugu Bandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.

Dari jumlah tersebut, 43 di antaranya rusak berat atau sangat parah, sisanya rusak sedang dan ringan. Upaya pemberian bantuan masih terus dilakukan termasuk dukungan dari para relawan sosial yang berdatangan tidak lama setelah kejadian.

\"Bencana angin puting beliung ini memang yang rusak pada umumnya atap, sehingga kami BPBD memberikan bantuan sementara berupa terpal, untuk menutup rumah-rumah. Kecuali untuk yang hancur, ini harus segera di tangani. Insya Allah dalam waktu dekat kami akan menghadap pimpinan bagaimana kira-kira program yang tepat untuk penanganan bencana penanganan puting beliung di kecamatan ini,\" kata Maman, kepada wartawan, Jumat (30/10/2020).

Pihak BPBD, kata Usman, tidak mendirikan posko penampungan warga. Sebab beberapa korban memilih untuk mengungsi di rumah kerabat atau di tetangganya yang tidak terdampak.

\"Warga sangat empati dengan korban bencana, mereka menampung mereka yang menjadi korban untuk tinggal sementara. Ada di empat titik untuk lokasi warga mengevakuasi diri di tetangga dan kerabatnya,\" ujar Maman.

Ia menjelaskan ada empat lokasi yang terdampak puting beliung yang terjadi pada Kamis (29/10) sore. \"Korban jiwa enggak ada, hanya memang ada satu orang yang luka. Langsung ditangani puskesmas setempat, hari ini sudah sehat. Kami fokus menyalurkan bantuan termasuk dari bantuan presiden ada paket sembako dan terpal ditambah bantuan tenaga serta bantuan lain dari para relawan,\" tutur Maman. (yud)

https://www.youtube.com/watch?v=F7AfXjQdSEw
Tags :
Kategori :

Terkait