Topan Molave Terjang Vietnam, 21 Orang Tewas

Senin 02-11-2020,04:00 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

VIETNAM - Sebanyak 21 orang tewas dan puluhan lain yang hilang dikhawatirkan tewas setelah topan Molave melanda Vietnam tengah Kamis (29/10) lalu.

Topan ini memicu tanah longsor dan menyebabkan beberapa kerusakan terburuk yang pernah terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Topan Molave di selatan Danang melanda desa-desa, menghempaskan atap rumah, dan membawa hujan lebat ke wilayah yang sudah dilanda banjir parah selama berminggu-minggu.

Hoang Phuong Thao, direktur eksekutif ActionAid Vietnam, mengatakan topan telah membawa lebih banyak kematian dan kehancuran bagi komunitas yang sudah \"terkoyak oleh banjir terburuk yang pernah kami lihat dalam beberapa dekade\".

Kecepatan angin mencapai 145 kilometer per jam (85 mil per jam), sebelum melemah menjadi depresi tropis pada hari Kamis.

Berdasarkan keterangan Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC), hampir 90.000 rumah kehilangan atap akibat tertiup angin, sementara banyak pula yan hancur akibat badai.

Dua puluh enam nelayan juga masih hilang pada hari Kamis, dengan helikopter dan kapal angkatan laut dikerahkan untuk mencari dua kapal mereka yang menghilang sebelum badai mendarat.

Tags :
Kategori :

Terkait