Cuaca Ekstrem sampai Desember, Seminggu 3 Pohon Tumbang di Kota Cirebon

Senin 02-11-2020,08:00 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON – Cuaca ekstrem diprediksi masih akan terjadi sampai Desember. Kondisi ini dipengaruhi fenomena La Nina. Karenanya, masyarakat diharapkan meningkatkan kewaspadaan.

Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon mencatat, dalam sepekan terakhir setidaknya terjadi 3 kali peristiwa pohon tumbang.

Peristiwa terakhir terjadi pada Sabtu (31/10) malam sekitar pukul 23.16 WIB. Pohon berjenis angsana tumbang dan menimpa 2 warung yang berada di Kawasan Stadion Bima.

Baca Juga: Kabar Duka: Nakes RSD Gunung Jati Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

Selain pohon tumbang, cuaca ekstrem juga membuat beberapa ruas jalan tergenang. Berdasarkan pantauan, akibat  hujan deras yang mengguyur Kota Cirebon beberapa ruas jalan tergenang seperti Jalan Cipto Mangunkusumo, Jalan Sutomo, Jalan Terusan Pemuda dan Jalan Rajawali Raya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, potensi cuaca ekstrem perlu diwaspadai hingga Desember. Hal itu tak terlepas dari fenomena La nina yang membuat curah hujan lebih tinggi dari biasanya.

Forecaster BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati, Ahmad Faa Iziyn menyatakan, dampak dari fenomena La Nina yang melanda Pulau Jawa, khususnya wilayah Kota Cirebon hingga bulan Desember mendatang, termasuk dalam kategori lemah hingga sedang.

2

Namun demikian, BMKG tetap mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai dampak bencana yang ditimbulkan. (awr)

Tags :
Kategori :

Terkait