WCC Kampanyekan Saling Mengunjungi untuk Memulihkan Pariwisata

Kamis 05-11-2020,12:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Misi sosial tengah diemban oleh enam srikandi Bali. Mereka yang merupakan anggota Women Cycling Community (WCC) Nusantara, melakukan gowes 1.000 km untuk mempromosikan Bali Pulih. Gerakan saling mengunjungi destinasi wisata masing-masing diharapkan dapat membantu pemulihan sektor pariwisata.

KHOIRUL ANWARUDIN/RADAR CIREBON

SEJAK Maret 2020, destinasi wisata di tanah air terpukul karena dampak covid-19. Tidak terkecuali Pulau Bali. Selama beberapa bulan terakhir, hampir semua sektor tak dapat beroperasi secara maksimal.

Atas dasar ini, Ketua WCC Bali, Trilara Prasetya Rina berusaha menggerakan masyarakat dan mengampanyekan pemulihan sektor pariwisata. Salah satunya Bali Pulih.

Bersepeda dipilih sebagai promosi pariwisata di setiap kota yang dilalui. Rabu (4/11) pagi kemarin, rombongan telah sampai di Kota Cirebon.

Kegiatan gowes 1.000 km Bali Pulih dimulai sejak Minggu (1/11). Rombongan start dari Jakarta dan direncanakan akan finish di Bali pada 15 November 2020 mendatang.

Sepanjang perjalanan yang melewati kota-kota besar tersebut, Tim WCC Nusantara juga  mengampanyekan pentingnya disiplin protokol kesehatan.

2

\"Saya berharap dengan mendapat restu dari Bapak Cok Ace (Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Wakil Gubernur Bali- red), kegiatan ini mampu memulihkan kembali geliat perekonomian para pelaku UMKM, termasuk sektor pariwisata Bali bisa pulih kembali,\" ungkapnya saat ditemui di depan Balaikota Cirebon.

Menurut Lara –sapaan akrabnya-,  Cirebon menjadi salah satu kota yang disinggahi karena parwisatanya terdampak covid-19. Karenanya, ia mengajak kepada siapapun untuk saling mengunjungi potensi wisata masing-masing daerah. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

WCC Nusantara yang tersebar di 20 diberbagai kota besar merupakan komunitas yang concern terhadap pemberdayaan perempuan dengan media bersepeda. WCC Nusantara, juga merupakan ruang bagi para perempuan Indonesia untuk menyuarakan permasalahan yang terjadi di wilayah masing-masing.

Koordinator Event WCC Gowes 1.000 km di Cirebon, Raden Reza Pramadia mengapresiasi rombongan WCC yang peduli dengan kondisi pariwisata daerah. Dirinya berharap, dengan saling mengenalkan pariwisata tiap daerah, aktivitas pariwisata bisa kembali pulih.

\"Kita juga berharap mereka bisa membawa dan mempromosikan pariwisata di Cirebon. Semoga pariwisata di Indonesia bisa pulih kembali,\" ungkap pria yang juga pegiat pariwisata, budaya dan UMKM Cirebon ini.

Hal senada dikatakan Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati. Dia juga mengapresiasi para srikandi WCC yang berusaha menggiatkan kembali kegiatan pariwisata di daerahnya. 

\"Hal ini patut dicontoh salah satunya di Kota Cirebon. Karena kota Cirebon punya kekhasan tersendiri. Punya wisata budaya, punya wisata religi dan juga wisata kuliner. Mudah mudahan dapat menggeliatkan kembali aktivitas pariwisata,\" tandasnya.  (*/opl)

https://www.youtube.com/watch?v=mxO62D2u7Fo&t=6s
Tags :
Kategori :

Terkait