Ada Sedikit Kenaikan Kasus Covid-19, Usai Libur Panjang

Selasa 10-11-2020,20:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

JAKARTA – Satgas COVID-19 menyebut ada kenaikan kasus usai masa libur panjang. Sembilan hari usai libur panjang kasus aktif terjadi sedikit peningkatan.

“Sekarang sudah sekitar 9 hari dari awal libur panjang, ada kenaikan sedikit,” ujar juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito di media center Satgas Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (9/11).

Dia mengatakan jumlah kasus pada saat libur panjang mengalami penurunan. Namun, hal ini disebabkan jumlah pemeriksaan yang juga menurun. “Pada saat libur panjang, memang terjadi penurunan kasus mungkin juga karena pemeriksaannya pun menurun,” ucap Wiku.

Dia menyebut kenaikan kasus dapat terlihat pada 10 hingga 14 hari usai libur panjang. Dikatakan, bila tidak terjadi kenaikan, kerja sama pemerintah dan masyarakat berjalan dengan baik.

“Tetapi kalau kita lihat biasanya kenaikan kasus itu terjadi sekitar 10 sampai 14 hari setelah libur panjang. Tapi kalaupun memang naik sampai sebelum libur panjang dan tidak naik lebih tinggi, artinya kemampuan nasional dan masyarakatnya bekerja sama dalam mengantisipasi kenaikan kasus. Terutama pada libur panjang sudah dapat berjalan dengan baik,” lanjutnya.

Wiku mengingatkan disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) wajib dilaksanakan. Menurutnya, protokol kesehatan 3M adalah kunci untuk mengendalikan penyebaran virus Covid-19. (rh/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=8Xg4wqoHoWg
Tags :
Kategori :

Terkait