Universitas Wiralodra Gelar Webinar Anti Narkoba

Kamis 03-12-2020,13:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

INDRAMAYU - Universitas Wiralodra menggelar Webinar pembentukan dan penguatan satgas/penggiat pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN). Kegiatan itu dalam mewujudkan kampus bersinar (bersih narkoba) di Aula Kampus Unwir Indramayu, Rabu (2/12).

Webinar dilaksanakan Unwir bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Barat, Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba (Artipena), serta Pemerintah Kabupaten Indramayu. Acara ini digelar dengan mematuhi protokol kesehatan. Peserta sebelum memasuki ruangan dilakukan Rapid Test terlebih dahulu.

\"Setelah sebelumnya kita berkoordinasi dan berkomunikasi dengan perguruan tinggi di wilayah Ciayumajakuning, kita putuskan bahwa Sekretariat P4GN itu ada di Unwir. Maka dari itu, deklarasi juga kita tempatkan di Unwir. Kami Universitas Wiralodra Kabupaten Indramayu berkomitmen mewujudkan kampus bersinar dan Desa bersinar (Bersih Narkoba),\" tandas Rektor Unwir Indramayu yang juga Ketua Artipena Ciayumajakuning, Dr Ujang Suratno SH MSI.

Ujang sangat mengapresiasi kegiatan ini. Unwir sangat mendukung kebijakan implementasi P4GN di perguruan tinggi. Karen seluruh mahasiswa, para dosen, beserta Civitas Akademika tidak boleh melakukan pengedaran atau penyalahgunaan narkoba.

\"Alhamdulillah kami di Unwir memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pusat Informasi Konseling Mahasiswa (PIKMA) yang bekerja sama dengan BKKBN Kabupaten Indramayu dan Genre. Saya harap ke depan kita bisa bersinergi dengan stakeholder yang ada seperti Pemkab Indramayu, aparat kepolisian, maupun pengadilan. Paling utama kita lakukan tindakan preventif pencegahan agar semua mahasiswa di wilayah Ciayumajakuning terbebas dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba,\" imbuhnya sembari berkeliling ke posko PIKMA didampingi Drs Kambali Mpdi Ketua Satgas Narkotika Unwir.

Kepala BNN Kota Cirebon AKBP Yaya Satyanegara menuturkan, kagum dengan sikap tanggap Unwir Indramayu dalam merespons P4GN ini.

\"Kami sangat bangga dengan Unwir yang rektornya menjadi ketua Artipena Ciayumajakuning dan kampusnya menjadi Sekretariat sekaligus deklarasi kampus bersih narkoba. Luar biasa sekali,\" ujar Yaya Satyanegara.

2

Dia menjelaskan, ada dua cara yang dilakukan satgas P4GN untuk menekan peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Pertama, kepada orang yang menggunakan yang sudah tertangkap penegak hukum agar diupayakan rehabilitasi, bukan ditahan.

Kedua bergerak melalui para relawan agar melakukan pencegahan narkoba. Bisa dengan screening test. Kalau terbukti mengkonsumsi narkoba, bisa rehabilitasi dengan rawat inap atau rawat jalan.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala BNN Jawa Barat Brigjen Pol Drs Sufyan Syarif MH via daring, Pjs Bupati Indramayu Bambang Tirtoyuliono, Rektor Universitas Pasundan Bandung Prof Dr Ir H Eddy Jusuf Sp MSi M Kom sebagai Ketua DPW Artipena (Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba) Provinsi Jawa Barat via daring. Acara ditutup dengan doa olah dosen FAI Unwir KH Zaenudin Abu Bakar LC MA. (jml/opl)

https://youtu.be/VPJrYBPr5iM
Tags :
Kategori :

Terkait