Masyarakat Diimbau Hindari Kerumunan dan Patuhi Prokes

Senin 07-12-2020,23:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

JAKARTA – Masyarakat dapat menjalankan aktivitas sehari-hari selama masa pandemi Covid-19. Namun, mereka wajib menghindari tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Kalau mau olahraga silakan. Tapi lakukan di daerah aman. Tidak begitu ramai dan tetap hindari kerumunan,” ujar dokter paru Rumah Sakit (RS) Persahabatan, dokter  Andika Chandra Putra di Jakarta, Jakarta, Minggu (6/12).

Ia mengatakan tujuan berolahraga adalah untuk relaksasi dan menjaga kebugaran tubuh. Hal itu, baik dilakukan terutama di tengah wabah. Sebab olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Tujuan berolahraga bukan untuk meraih prestasi. Karena itu, kewaspadaan harus terus diupayakan guna menghindari risiko penularan COVID-19.

Dia menyarankan masyarakat tidak berolahraga secara berkelompok. Selain itu, aktivitas juga dilakukan di zona hijau. Sehingga bisa lebih leluasa melepas masker tanpa khawatir tertular dari orang di sekitarnya.

Jika tidak memungkinkan untuk berolahraga di zona hijau atau sepi, masyarakat tetap memakai masker. Namun, tetap menjaga jarak dengan orang lain.

“Siapa pun bisa melakukan aktivitas. Termasuk olahraga. Tetapi kuncinya adalah disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak). Dengan mematuhi protokol kesehatan, kita dapat mencegah terjadinya penularan,” ucapnya. (rh/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=zF-hUB0W2ZI
Tags :
Kategori :

Terkait