Sewa Hotel Tempat Isolasi Pasien Covid-19 Capai Rp3,6 M, Kini Pemkot Cirebon Tak Miliki Dana Lagi untuk Perpan

Rabu 09-12-2020,17:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Pemerintah Kota Cirebon melalui Dinas Kesehatan menyewa dua hotel dijadikan sebagai tempat isolasi bagi penderita Covid-19.

Kedua hotel tersebut yakni Hotel Onos dan Langensari. Untuk menyewa kedua hotel itu, Pemkot Cirebon harus menggelontorkan uang sewa mencapai Rp3,6 miliar selama dua bulan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Cirebon, Edy Sugiarto kepada radarcirebon.com, Rabu (9/12).

Baca juga:

Polres Ciko Tangkap 2 Wanita Kurir Sabu, 11 Pengedar Obat Sediaan Farmasi

Kota Cirebon Butuh 50 Ribu Vaksin

Ina Lillahi Wa Innaa Ilaihi Rajiun, Tokoh Pers Suparno Wonokromo Meninggal Dunia

2

\"Dana Rp3,6 miliar itu termasuk untuk kebutuhan dana tenaga medis dan biaya asupan makanan untuk pasien,\" ungkapnya.

Kadinkes menuturkan, untuk saat ini Pemkot Cirebon sudah tidak memiliki dana untuk perpanjangan sewa kedua hotel tersebut.

\"Saya sih berharap agar kedua hotel tersebut sewanya diperpanjang. Tapi itu semua tergantung kebijakan dari pimpinan Pemkot Cirebon dan menyesuaikan dengan APBD tahun 2021,\" tuturnya.

Dijelaskan Edy, pengadaan alat rapid test di Kota Cirebon sejak awal Maret hingga Desember ini sudah tidak tersedia. Alat pendeteksi wabah Covid-19 yang menggunakan sampel darah ini, tidak akan digunakan kembali oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon.

\"Ya alat rapid test sudah habis, itu pengadaan sejak awal. Tapi hasil dari rapid test ini tidak sangat signifikan. Menunjukkan positif, tapi belum tentu benar positif Covid-19. Mendingan hasil swab test, hasilnya bagus orang yang dites swab bakal ketahuan positif atau tidak, kalau rapid tes hasil tes nya 50:50. Dihilangkan saja alat rapid tes itu, karena tidak penting dan tidak berdaya ungkit. Kami tidak akan menggunakan alat rapid test lagi, kami hanya akan menggunakan swab test,\" pungkasnya. (rdh)

https://youtu.be/qANpRa9SC8Y
Tags :
Kategori :

Terkait