Persib, Persija, Persebaya, dan Arema FC Masuk Jajaran Elite

Rabu 23-12-2020,01:24 WIB
Reporter : Abdul Hamid
Editor : Abdul Hamid

JAKARTA – Sejumlah klub di Indonesia masuk jajaran elite. Persija Jakarta, Persib Bandung, Arema FC, dan Persebaya Surabaya sedang jadi perbincangan. Ya, konfederasi sepak bola Asia atau AFC, membuka poling untuk mengetahui klub paling populer di Asia. Setelah membuat poling untuk mengetahui klub paling populer di Asia bagian Tengah, Selatan, dan Timur, kali ini giliran Asia Tenggara.

Dikutip Skor.id, Poling memilih Persija Jakarta, Persib Bandung, Arema FC, dan Persebaya Surabaya bisa diikuti oleh seluruh pecinta sepak bola dunia khususnya Asia dengan memilih salah satu dari 10 klub sepak bola di Asia Tenggara yang sebelumnya sudah dipilih lewat situs resmi AFC.com.

Berdasarkan hasil jajak pendapat sebelumnya, AFC telah membuat daftar 10 nominasi dari salah satu wilayah sepak bola Asia Tenggara. Indonesia menjadi negara terbanyak yang mengirim wakilnya dalam poling kali ini. Ada empat tim asal Indonesia yang harus bersaing meraih vote terbanyak untuk lolos ke babak selanjutnya.

Keempat tim tersebut adalah Persija Jakarta, Persib Bandung, Arema FC, dan Persebaya Surabaya. Kesempatan mereka untuk menjadi tim terpopuler di Asia tentu tidaklah mudah.

Pada fase ini mereka terlebih dahulu bersaing dengan klub-klub yang secara popularitas dan prestasi tentunya tak bisa dipandang sebelah mata.

Bahkan di antara tim-tim pesaing tersebut pernah menjuarai turnamen kontinental Asia seperti Liga Champions Asia (LCA) dan Piala AFC.

Kedua tim tersebut yakni Western Sydney Wanderers (Australia) yang merupakan juara LCA 2014 dan klub kaya raya asal Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT), yang pernah menjadi juara Piala AFC pada 2015. Malaysia juga mengirimkan satu lagi wakilnya yakni Perak FA.

2

Selain kedua tim tersebut juga ada klub besar Thailand Buriram United. Juara 7 kali Liga Thailand tersebut juga pernah meraih prestasi tertinggi di LCA dengan berhasil lolos hingga babak perempat final pada 2013. Sedangkan Vietnam juga menempatkan dua wakilnya yaitu Hanoi FC dan Hoang Anh Gia Lai.

Polling akan ditutup pada Jumat 25 Desember 2020. Nantinya, hasil poling dua tim teratas akan maju ke babak jajak pendapat terakhir untuk memilih klub Asia terpopuler saat ini.

Dua tim dari Asia Tenggara tersebut akan bersaing kembali dengan dua tim asal Iran, Tractor FC dan finalis Liga Champions Asia 2020 Persepolis, serta raksasa Cina Shanghai Shenhua, dan klub Korea Selatan Suwon Samsung Bluewings. (mid)

Tags :
Kategori :

Terkait