Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2021, Arus Tol Cipali Masih Lancar

Rabu 23-12-2020,20:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi bersama Dandim 0620/Kabupaten Cirebon Letkol(Inf) Sugir serta pejabat utama Polresta Cirebon meninjau dan memantau situasi arus lalu lintas di Gate Tol Palimanan, Rabu (23/12). Peninjauan itu mengecek kesiapsiagaan keamanan jalur tol menjelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Suasana arus kendaraan di Gate Tol Palimanan (Cipali) hingga kini masih tampak ramai lancar. Lonjakan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah juga belum menunjukkan adanya peningkatan yang terlalu signifikan.

\"Sejak Operasi Lilin Lodaya 2020 diberlakukan pada Senin (21/12) hingga Rabu siang ini (23/12) jumlah kendaraan yang melintasi Gate Tol Palimanan (Cipali) dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah mencapai 56 ribu unit. Sementara kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta mencapai 44 ribu unit,\" ujar Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi.

Kapolresta memastikan tidak ada penumpukan arus lalu lintas dan belum terlihat adanya antrean kendaraan di gerbang tol.

\"Kami telah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas saat terjadinya penumpukan volume kendaraan di jalur tol. Hal itu dilakukan untuk memastikan keamanan, ketertiban, keselamatan, dan kelancaran arus kendaraan di wilayah hukum Polresta Cirebon,\" ucapnya.

Kombes Pol Syahduddi memprediksi akan ada lonjakan arus mudik libur Natal 2020 terjadi mulai Rabu malam (23/12) dan Kamis (24/12).

\"Personel gabungan juga telah kami siagakan di sejumlah titik untuk mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas. Pengalihan arus kendaraan besar dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah sebagaimana peraturan Kemenhub RI melintasi jalur tol juga telah diberlakukan sejak Rabu dini hari (23/12) pukul 00.00 WIB. Kendaraan besar tersebut dialihkan ke jalur arteri dari wilayah Cikopo, Cikarang, dan Bekasi,\" ungkapnya.

2

Nantinya, lanjut Kapolresta, kendaraan besar angkutan barang sumbu tiga ke atas, angkutan barang dengan kereta (gandengan) tempelan dan gandengan, serta angkutan barang yang mengangkut bahan galian atau tambang, diperkenankan memasuki jalur tol kembali melalui Gate Tol Palimanan 3.

\"Pengalihan arus kendaraan besar itu untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik libur Hari Raya Natal 2020. Skema serupa juga akan diterapkan saat arus baliknya, kendaraan besar dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta akan dikeluarkan melalui GT Palimanan 4. Selanjutnya kendaraan besar diperkenankan memasuki jalur tol kembali di Gate Tol Cikarang Barat untuk meneruskan perjalanannya ke kota tujuan masing-masing. Bahkan, kebijakan itu pun diberlakukan saat arus mudik Tahun Baru 2021, tepatnya mulai 30 Desember 2020, pukul 00.00 WIB hingga 31 Desember 2020 pukul 24.00 WIB,\" paparnya.

Masih kata Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi, saat arus balik Tahun Baru 2021 akan diberlakukan mulai 2 Januari 2021 pukul 00.00 WIB sampai dengan 4 Januari pukul 24.00 WIB.

\"Semuanya sudah kami rencanakan, termasuk antisipasi kerawanannya juga telah disiapkan,\" pungkasnya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait