4 Rest Area Cipali untuk Skrining Pelaku Perjalanan

Sabtu 26-12-2020,18:05 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

UNTUK mengantisipasi lonjakan pengunjung serta menekan penyebaran wabah, Satgas Penanganan Covid-19 Jabar akan menggelar operasi gabungan besar-besaran.

Selain itu, pemeriksaan rapid test antigen bagi warga Jabar yang menuju Jakarta, maupun sebaliknya pada masa libur natal dan tahun baru akan digencarkan.

Pemeriksaan akan dilaksanakan di delapan rest area Tol Cipularang dan Tol Cipali. Kabar mengenai pemeriksaan itu tertuang dalam surat bernomor 2437/HUB.05.01/ Sekretariat yang diedarkan Satuan Pamong Praja Provinsi Jawa Barat tertanggal 22 Desember 2020. Surat tersebut ditandatangani Kasatpol PP Jabar Ade Afriandi.

“Pada tanggal 24 s.d 27 Desember 2020 dan tanggal 30 s.d 31 Desember 2020 akan dilaksanakan pemeriksaan gabungan sekaligus pemeriksaan rapid antigen dan swab secara masif kepada masyarakat serta pengunjung di beberapa titik Rest Area Tol Cipularang dan Tol Cipali,” demikian isi surat tersebut.

Pengecekan dan pengetesan ini rencananya dilakukan di ruas tol, yakni Cipularang dan Cipali. Untuk Tol Cipali akan berlangsung di rest area 97, 57, 72A, dan 72B. Sedangkan untuk di Tol Cipali berjalan di rest area 86A, 86B, 101B, dan 102A.

Wakapolda Jabar, Brigjen Pol Eddy Sumitro, saat meninjau kesiapan petugas Polresta Tasikmalaya di jalur Gentong.

“Sekarang sudah masuk Operasi Lilin Lodaya 2020. Kami mengecek kesiapan petugas kami melakukan pengamanan, mulai dari Nagreg hingga Gentong,” kata Eddy.

2

Pengecekan juga dilakukan dari sisi kepadatan lalu lintas serta disiplin penerapan protokol kesehatan. Dari hasil peninjauannya, aparat sudah lengkap bersiaga di setiap titik yang harus ditempati.

Mereka juga bergiliran bertugas selama 24 jam. “Kami lega jajaran kami sudah siap melakukan pengamanan dalam Operasi Lilin Lodaya 2020 yang akan berlangsung hingga malam pergantian tahun,” kata Eddy.

Menurutnya, saat ini simpang Cileunyi sedang ada pengerjaan proyek Tol Cisumdawu. Maka dari itu, jajaran Polresta dan Dishub Kab Bandung berkoordinasi dengan pihak pengerjaan.

Dikatakan Iptu Iwan, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di Cileunyi, Polresta Bandung tengah menyiapkan skema seperti yang dilakukannya saat arus Mudik Idhul Fitri.

“Tindakan yang pertama bilamana ada kepadatan arus sampai dengan 3KM kebelakang diantrean tol, kita laksanakan pending sementara yang mau ke arah protokol (arah Tasik),” katanya.

Untuk kendaraan dari arah Sumedang ke tol atau ke protokol itu bisa ke Cileunyi lurus belok kanan. Dan jika dari arah Sumedang mau ke arah tol seperti biasa putar ke puteran ABC.

“Menuju tol biasa ke arah bunderan ABC. Sekarang adanya nataru ini koordinasi Cisumdawu untuk bisa dipakai besar kemungkinan kecil ada kepadatan arus. Ini juga liburnya agak panjang, dipotong-potong,” paparnya. (yud)

https://www.youtube.com/watch?v=g6NGOeF8uZs&t=34s
Tags :
Kategori :

Terkait