Lebih Parah, Empat Kecamatan Terendam Banjir

Minggu 27-12-2020,14:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON-Ratusan rumah di empat Kecamatan di Kabupaten Cirebon terendam banjir, Sabtu malam (26/12). Banjir diduga terjadi karena luapan beberapa sungai yang ada di sekitar area tersebut. Adapun empat kecamatan yang terendam banjir adalah Lemahabang, Waled, Astanajapura dan Pangenan (selengkapnya lihat grafis).

Salah satu warga Blok Lebak Desa Lemahabang, Jamal mengatakan air mulai naik ke perumahan warga sekitar pukul 16.45 WIB. “Tadinya nggak begitu tinggi,” ujarnya.

Namun air semakin lama semakin naik. Bahkan mencapai lebih dari satu meter. “Di ujung sana sudah lebih dari satu meter. Banyak warga yang selamatkan surat-surat penting dan lainnya,” ungkapnya.

Menurut Jamal banjir kali ini lebih parah dibandingkan pekan lalu. Jamal menyebut, banjir kemungkinan disebabkan oleh luapan sungai Singaraja.

Sementara itu Kuwu Lemahabang, Rini mengatakan seluruh dusun di Desa Lemahabang terendam banjir. “Kita ada tiga dusun. Ketiganya itu terendam banjir semua,” tuturnya.

Rini mengungkapkan desanya kini menjadi langganan banjir karena sungai Singaraja yang belum dilakukan normalisasi. Jika sudah dinormalisasi, ia yakin, desanya akan terbesa banjir.

2

“Penyakitnya satu, sungai Singaraja ini sudah dangkal,” jelasnya.

Selain itu banjir juga menggenangi jalan raya yang menghubungkan Kecamatan Karangsembung dan Lemahabang. Beberapa motor mengalami mogok akibat banjir.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon, DR Alex Suheriyawan MPd membenarkan ada empat kecamatan yang terendam banjir pada Sabtu malam. Hingga saat ini pihaknya masih melakukan pendataan rumah yang terendam banjir. Namun diperkirakan ratusan rumah menjadi korban banjir.

 “Lemahabang, Astanajapura, serta Pangenan itu meluap dari sungai Singaraja, Waled dari sungai Ciberes,” ungkapnya.

Pihaknya terpaksa melakukan evakusi bagi warga ke posko pengusian setempat. Ada yang diungsikan di GOR Desa Gunungjati dan tempat lainnya. (den)

BANJIR RENDAM CIREBON

- Kecamatan Lemahabang: Desa Lemahabang, Desa Lemahabang Kulon dan Desa Tuk Karangsuwung.

- Kecamatan Waled: Desa Mekarsari dan Desa Gunungsari

Tags :
Kategori :

Terkait