Kemendikbud: Hasil Belajar Siswa Menurun

Selasa 26-01-2021,19:01 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

“Saya kira tidak akan terjadi (lost generation),\" kata Wakil Sekjen Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jejen Musah.

Jejen mengungkapkan, bahwa belum lama ini PGRI menggagas lomba menulis yang diikuti sekitar seribu guru dari 34 provinsi pada akhir 2020. Peserta diminta menuliskan pengalaman mereka menjalani PJJ selama ini.

“Dari karya yang masuk justru banyak cerita tentang inovas-inovasi guru yang tak pernah terbayangkan. Para guru sangat memanfaatkan media sosial seperti Facebook untuk melakukan pembelajaran,\" terangnya.

Bahkan, kata Jeje, model guru kunjung menjadi satu tradisi yang membuat guru merasa dekat dengan para orang tua dan masyarakat. Pasalnya, ketika para guru datang ke rumah atau desa, disambut luar biasa oleh warga dan aparat desa.

Selain itu, guru beserta perangkat desa juga bekerja sama membangun infrastruktur internet guna mendukung pendidikan. Artinya, ada kesadaran lebih dari elemen masyarakat untuk tetap memastikan peserta didik tetap memperoleh pelajaran.

“Pandemi ini juga memunculkan kesadaran dari para orang tua ternyata mendidik itu tidak mudah. Sehingga, ada perubahan mindset terhadap guru,” pungkasnya. (der/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait