596.260 Nakes Sudah Divaksin, Di Kota Cirebon 1.103 Nakes, Baru 21,28 Persen dari Sasaran

Rabu 03-02-2021,17:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

“Petugas vaksinator di kita sih siap kalau April vaksin untuk nakes bisa tuntas, tergantung jadwal kedatangan pengiriman vial vaksinnya,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon dr H Edy Sugiarto menjelaskan, dari 340 ribuan penduduk Kota Cirebon, data terakhir yang direncanakan menjadi sasaran vaksinasi terdapat hampir 203 ribu orang yang masuk dalam kriteria calon penerima vaksin. Kebutuhannya, sekitar 456.596 dosis vial vaksin.

“Nanti 203 ribu warga Kota Cirebon secara terus bertahap akan menerima vaksin sampai April 2022. Dimilai dari nakes, petugas pelayanan publik seperti TNI Polri dan ASN, peserta BPJS, untuk gelombang terakhir lansia dan yang punya komorbid,” tuturnya.

Dia menyebutkan, tujuan program vaksinasi ini ada empat poin utama. Pertama, menurunkan angka kesakitan (morbiditas) dan kematian (mortalitas). Kedua, membentuk heard imunity. Ketiga, menekan laju transmisi penularan. Keempat, adalah muaranya yakni ketika pertahanan imun sebagian besar populasi terbentuk, maka aktivitas sosial ekonomi masyarakat bisa bergerak lebih cepat. (rh/azs)

Tags :
Kategori :

Terkait