Optimalisasi Kualitas Pemberdayaan Masyarakat

Jumat 19-02-2021,19:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

BADAN Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kota Cirebon, menggelar konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022, Kamis (18/2). Dalam masa pemulihan pasca pandemi, pemberdayaan masyarakat berperan besar dalam akselerasi pembangunan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi menyampaikan, perencanaan tahun 2022 merupakan tahun keempat visi SEHATI (Sehat, Hijau, Agamis, Tentram, dan Inovatif). Untuk itu, percepatan perwujudan visi misi yang telah ditetapkan, menjadi komitmen bersama untuk diwujudkan secara optimal. Hal ini perlu didukung dengan penguatan pemberdayaan masyarakat. “Sinergi dan kolaborasi,” tegasnya.

Kondisi pandemi, mempengaruhi proses pembangunan. Meskipun demikian, lanjut Agus Mulyadi, tetap harus optimis dan merencanakan pembangunan. Terlebih, sistem perencanaan telah berubah dari SIMDA menjadi SIPD yang memerlukan tahapan matang. Pemda Kota Cirebon, kata Agus Mulyadi, terus berupaya agar masyarakat sehat, ekonomi kuat, dan pembangunan berjalan sesuai harapan bersama.

Kepala BP4D Kota Cirebon Iing Daiman SIP MSi mengatakan, konsultasi publik RKPD untuk mendapatkan masukan elemen masyarakat, sebagai bahan penyempurnaan rencana kerja Pemda Kota Cirebon tahun 2022. Ada beberapa fokus, yaitu perbaikan sosial ekonomi pasca pandemi, pencapaian visi misi, serta peningkatan sarana prasarana jalan dan drainase. “Kami berharap APBD 2022 lebih akomodatif dan partisipatif,” ujarnya.

 Walaupun, ucap Iing Daiman, kendala anggaran masih dihadapi. Karena itu, BP4D mengajak seluruh elemen masyarakat dan stakeholder di Kota Cirebon, untuk mengoptimalkan segala potensi yang ada. Termasuk optimalisasi kualitas pemberdayaan masyarakat. Hal ini, bentuk nyata upaya bersama dalam mewujudkan pembangunan di Kota Cirebon. (ysf)

Tags :
Kategori :

Terkait