Bangkitkan Ekonomi Masyarakat dengan Pembinaan dan Pemberdayaan

Senin 22-02-2021,12:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa sekitar terus dilakukan oleh Cirebon Power. Meski saat ini masih dalam masa pandemi covid-19. Tentu dengan inovasi dan pengetatan protokol kesehatan.

Hal ini dibuktikan saat Tim Gowes Cirebon Katon melakukan safari gowes akhir pekan, ke lokasi yang menjadi tempat binaan perusahaan listrik swasta pertama di Cirebon ini.

Lokasi pertama berada di Blok Semboja Desa Citemu, Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Di sana, Cirebon Power melakukan pembinaan kepada nelayan setempat dalam hal budidaya udang.

Menurut Head of Communication Cirebon Power, Yuda Panjaitan sepanjang garis pantai dari Desa Waruduwur dan Citemu, banyak areal tambak udang yang terbengkalai. Sementara potensi budidaya udang itu sangat menjanjikan.

\"Makanya, kami bantu dengan membangkitkan lagi semangat para nelayan untuk berbudidaya udang, agar mereka tidak selalu mengandalkan mencari ikan di laut sebagai penghasilan utama,\" tuturnya.

Toangga, selaku pembudidaya udang binaan Cirebon Power mengungkapkan bahwa program ini sudah berjalan selama 1 tahun. Selama ini, dia dan 7 orang lainnya mendapatkan sejumlah fasilitas pelatihan dan peralatan guna menunjang usaha budidaya udang ini.

2

\"Alhamdulillah, selama 1 tahun ini, kami sudah bisa panen 3 kali dengan jenis udang vaname. Kali ini, kami tengah mencoba jenis udang Tiger,\" ungkapnya.

Pihaknya merasa bersyukur, dengan menjadi binaan PLTU Cirebon masyarakat nelayan bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan kegiatan usaha budidaya udang.

\"Sekarang kami bisa berusaha, tanpa harus mengandalkan mencari ikan di laut. Apalagi,  kalau musim hujan susah cari ikan. Ini sangat bermanfaat bagi kami,\" bebernya.

Setelah mengunjungi tambak udang, para pegowes kembali mengayuh pedalnya menuju areal vokasi Cirebon Power yang berada di Desa Waruduwur Kecamatan Mundu.

Tempat ini merupakan sarana untuk meningkatkan skil dan keterampilan para pemuda yang berada di 9 desa binaan Cirebon Power, yakni Desa Kanci, Kanci Kulon, Astanajapura, Waruduwur, Citemu, Bandengan, Mundupesisir, Astanamukti dan Pengerengan.

Para pemuda tersebut, akan diberikan bekal keterampilan berupa pelatihan dalam hal perbengkelan roda dua, service AC, kelistrikan dan lain-lain.

Menurut Head of Vocational Center Cirebon Power (PLTU Cirebon), Algan Naharo, program vokasi merupakan tanggung jawab sosial PLTU kepada masyarakat sekitar dengan memberikan life skill yang bisa menjadi bekal mereka.

Apalagi, pihaknya sudah bekerja sama dengan lima perusahaan AC untuk dijadikan tempat magang para peserta pelatihan. \"Jadi, kami beri mereka pelatihan dengan instruktur yang profesional, kemudian dimagangkan dan kita kasih project mencari customer. Setelah itu, baru kita kasih sertifikat,\" tuturnya.

Tags :
Kategori :

Terkait