Kehadiran KRI Dewaruci di Pelabuhan Cirebon Jadi Wisata Dadakan Warga

Senin 01-03-2021,17:45 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Kehadiran KRI Dewaruci di Pelabuhan Cirebon menjadi wisata dadakan warga Kota Cirebon dan sekitarnya.

Pantauan radarcirebon.com, sejak Senin pagi (1/3), masyarakat dari dalam maupun luar Kota Cirebon berdatangan ke dermaga Linggarjati Pelabuhan Cirebon. Mereka ingin melihat langsung kapal bersejarah milik TNI Angkatan Laut ini.

Ada yang datang hanya sekadar melihat-lihat, namun banyak juga yang berfoto bersama teman atau keluarga tercinta. Bahkan, banyak juga yang berswa foto dengan latar KRI Dewaruci.

\"Saya sengaja datang ke Pelabuhan Cirebon bersama anak untuk melihat dari dekat KRI Dewaruci. Sekalian memberitahu ke anak bahwa KRI Dewaruci adalah kapal kebanggaan masyarakat Indonesia,\" ujar Komar (45) asal Kota Cirebon, Senin (1/3).

Komar mengaku, informasi kedatangan KRI Dewaruci ke Pelabuhan Cirebon setelah membaca berita dari radarcirebon.com

\"Iya mas, saya tahu ada KRI Dewaruci datang ke Cirebon setelah lihat di Radar online hari Minggu (28/2). Ini yang kedua kalinya saya lihat KRI Dewaruci, dulu tahun 2017, KRI Dewaruci juga pernah ke Cirebon. Karena bagus ya, menarik untuk dilihat dan enggak setiap waktu datang ke sini,\" ucapnya.

Sementara itu, Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera kepada radarcirebon.com menuturkan, KRI Dewaruci merupakan kapal rakyat dan dari pajak rakyat. Sehingga kapal ini boleh open ship, namun harus dengan protokol kesehatan yang ketat.

2

“Nanti pengunjung dibatasi dan bergiliran naik ke atas kapal. Tapi tetap mengikuti protokol kesehatan,\" tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, kapal bersejarah milik TNI AL, yakni KRI Dewa Ruci bersandar di dermaga Linggarjati Pelabuhan Cirebon, Minggu (28/2).

Kedatangan kapal buatan Jerman itu disambut langsung Komandan Pangkalan TNI Angkatan laut (Danlanal) Cirebon beserta jajarannya.

Selama bersandar di Pelabuhan Cirebon, kapal tipe layar tinggi milik TNI Angkatan Laut (AL) ini akan menggelar sejumlah kegiatan, salah satunya adalah open ship.

KRI Dewaruci datang ke Pelabuhan Cirebon dalam rangka melaksanakan misi pelayaran kebaharian. KRI Dewaruci akan berada di Pelabuhan Cirebon hingga Rabu, 3 Maret 2021. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait