Keluarga Besar Ahli Waris Sultan Sepuh XI Gelar Pertemuan dengan Ketua RT dan RW, Tampung Aspirasi

Rabu 10-03-2021,22:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Keluarga besar ahli waris Sultan Sepuh XI mengundang Ketua RW 02 Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon beserta sejumlah ketua RT. Pertemuan itu guna menjalin silaturahmi dan menampung aspirasi warga di sekitar Keraton Kasepuhan.

Pertemuan ketua RW beserta para ketua RT tersebut berlangsung di kediaman keluarga besar ahli waris Sultan Sepuh XI, rumah kulon Keraton Kasepuhan, Rabu sore (10/3).

Pantauan radarcirebon.com, pada pertemuan tersebut ketua RW dan para ketua RT mencurahkan keluh kesah dan menyampaikan aspirasi dari warganya.

Ditemui usai melakukan pertemuan dengan keluarga besar ahli waris Sultan Sepuh 11, Ketua RW 02 Mandalangan Kota Cirebon, Dede Suhetmi mengatakan, sebagai pengurus RW dan RT sangat berterima kasih mendapat undangan dari keluarga besar ahli waris Sultan sepuh XI.

\"Kalau saya sebagai pengurus RT dan RW ini hanya bisa mendukung dalam arti mendukung haknya beliau, bukan dalam arti kami untuk ikut campur urusan keluarga. Sedikitnya kami sebagai pengurus RW ini tahu apa yang lagi kisruh di dalam Keraton Kasepuhan. Karena ini wilayah kami juga biarpun mereka (Sultan sekarang, red) tinggal di dalam keraton. Tapi administrasi tetap saya yang pegang. Makanya saya sangat berterima kasih kepada keluarga Pak Harjo yang telah mengundang kami untuk hadir dalam silaturahmi ini,\" matanya kepada radarcirebon.com, Rabu (10/3).

Dede Suhetmi mengimbau agar pihak Keraton Kasepuhan untuk bisa lebih memerhatikan warga sekitar Keraton Kasepuhan.

\"Jujur selama ini pihak Keraton Kasepuhan yang sekarang tidak ada perhatiananya ke warga kami di Mandalangan dan Magersari. Bahkan, sultannya pun sama sekali belum pernah menemui rakyatnya.Ya sekali-kalilah sultannya turun melihat Magersari kampungnya sendiri, tanahnya sendiri. Lihatlah keadaan di sekitar keraton, supaya tahu kondisi yang sebenarnya. Orang tua kami di Magersari ini dulu adalah abdi dalem Keraton Kasepuhan,\" ucapnya.

2

Siapa pun yang jadi sultan nanti dari keluarga ahli waris Sultan Sepuh XI, Dede Suhetmi berharap dapat lebih peduli dan memperhatikan rakyatnya di sekitar Keraton Kasepuhan.

Sementara itu, salah satu keluarga besar ahli waris Sultan Sepuh XI yang juga Polmak Keraton Kasepuhan, Rahardjo Djali kepada radarcirebon.com mengungkapkan, kegiatan tersebut sebagai ajang silaturahmi dengan pengurus RW dan RT setempat.

\"Ya pertemuan tadi utamanya adalah silaturahmi. Intinya kami ingin mengetahui Magersari Keraton Kasepuhan itu pimpinannya siapa saja. Jadi, pada saat nanti kami melakukan kunjungan ke masing-masing RT, ya kami sudah mengenal pimpinannya dengan siapa. Ini akan memudahkan kami untuk mengetahui bagaimana keadaan mereka (warga) di sana (Mandalangan dan Magersari), masyarakatnya, kemudian apa saja yang dibutuhkan oleh mereka,\" ungkapnya.

Dijelaskan Rahardjo, fungsi keraton juga harus bisa menjembatani masyarakat dengan pemerintah.

\"Ya doakan saja mudah-mudahan ini bisa tercapai, di samping tujuan utama kami adalah marwah syiar Islam bisa kembali ditegakkan di Keraton Kasepuhan ini dan wibawa Keraton Kasepuhan ini juga bisa kembali ditegakkan,\" jelasnya.

Masih kata Rahardjo, hingga kini keluarga besar ahli waris Sultan Sepuh XI masih melakukan musyawarah menuju suksesi dan jumenengan Sultan Sepuh XII.

\"Agenda kami selanjutnya mempersiapkan suksesi dan dilanjutkan jumenengan. Siap pun yang akan menjadi Sultan Sepuh XII nanti diharapkan bisa membenahi Keraton Kasepuhan ini,\" katanya.

Rahardjo mengaku siap jika dirinya dipilih menjabat sebagai Sultan Sepuh XII.

Tags :
Kategori :

Terkait