PON XX Digelar 2 Oktober 2021, Simulasi Pelaksanaannya Melihat Olimpiade Tokyo

Rabu 17-03-2021,02:00 WIB
Reporter : Abdul Hamid
Editor : Abdul Hamid

JAKARTA - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX rencananya dihelat tahun ini. Namun, banyak pertimbangan dari banyak pihak karena masih dalam kondisi pandemi. Banyak isu yang menyebutkan bahwa PON XX akan diundur karena masalah virus Corona. PON XX di Papua seharusnya digelar 20 Oktober hingga 2 November tahun 2020 lalu, namun diundur setahun menjadi Oktober-November 2021.

Terkait isu kembali diundurnya PON XX, Presiden RI Joko Widodo menegaskan dalam postingan di sosial medianya, dari Twitter maupun Instagram. Jokowi memposting foto Stadion Papua Bangkit, di mana, stadion itu akan menjadi tempat pembukaan PON XX Papua. Postingan Jokowi tersebut memastikan bahwa isu-isu yang beredar bahwa PON XX akan diundur lagi, tidaklah benar. PON XX akan dilaksanakan 2 Oktober 2021 mendatang. Karena waktu yang semakin dekat, Jokowi menginstruksikan jajarannya, terutama Kementerian Pemuda dan Olahraga, untuk mempercepat vaksinasi bagi atlet di seluruh Indonesia.

Selain masalah vaksinasi, venue yang masih dalam proses pembangunan juga di isyaratkan harus segera selesai agar dapat diujicobakan. Kemenpora pun langsung menanggapi instruksi Presiden dan akan menjalankannya sesegera mungkin demi suksesnya gelaran PON XX ini.

\"Arahan bapak Presiden, karena ini sudah siap, kita akan lakukan pada 2021 ini. Tidak ada penundaan PON karena ini sudah sempat kita tunda pada 2020,\" kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali usai rapat terbatas.

\"Kita belajar dari Olimpiade Tokyo yang nanti akan dilakukan beberapa bulan ke depan. Kita akan lihat di situ penerapannya seperti apa. Protokol kesehatan tentu itu menjadi penting dan harus dilakukan dengan disiplin,\" lanjutnya. (mid)

Tags :
Kategori :

Terkait