Vaksinasi Covid-19 kepada Lansia Jamaah Calon Haji Target Selesai Akhir Bulan Ini

Jumat 19-03-2021,18:15 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

JAKARTA – Target vaksinasi Covid-19 kepada 57.630 lanjut usia (lansia) di seluruh Indonesia yang menjadi jamaah calon haji bisa diselesaikan hingga akhir Maret 2021. Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Oscar Primadi.

“Bulan ini harus terselesaikan. Seandainya sudah diumumkan jadi berangkat tahun ini, jamaah kita tinggal ready,” kata Oscar DI Jakart, Jumat (19/3/2021).

Oscar mengatakan, vaksinasi jamaah calon haji ini sebagai langkah persiapan pemerintah bilamana penyelenggaraan ibadah haji sudah dapat dilaksanakan tahun ini.

“Calon tamu Allah SWT ini tentunya sudah sangat menantikan keberangkatan haji dan pemerintah memfasilitasi dengan menyiapkan kebutuhan jamaah termasuk vaksinasi Covid-19 ini,” ujarnya.

Setelah vaksinasi lansia, kata Oscar, pemerintah akan melanjutkan pemberian vaksinasi serupa kepada jamaah haji kategori non-lansia yang telah terdaftar sebagai calon jamaah haji tahun ini.

“Untuk jamaah calon haji non-lansia menyusul setelah ini. Kan ada tahapan untuk vaksinasi pada masyarakat rentan berkenaan dengan yang lain,” terangnya.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Eka Jusuf Singka menambahkan, masih menunggu kepastian kuota dari Pemerintah Arab Saudi terkait keberangkatan jamaah calon haji Indonesia.

2

“Yang paling utama itu ya, dibuka tidaknya kuota haji di Arab Saudi. Kita masih menunggu informasi itu sambil melakukan persiapan dan salah satunya adalah vaksinasi ini,” pungkasnya. (der/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait