Stasiun Prujakan Kini Buka Layanan Pemeriksan GeNose untuk Calon Penumpang Kereta Api

Sabtu 20-03-2021,19:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Guna meningkatkan pelayanan kepada penumpang Kereta Api (KA), PT KAI Daop 3 Cirebon membuka layanan pemeriksaan tes GeNose C19 di Stasiun Prujakan.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto kepada radarcirebon.com mengatakan, layanan pemeriksaan tes GeNose C-19 tersebut kerja sama antara PT KAI Daop 3 Cirebon dengan PT Indofarma.

\"Jam pelayanan dimulai dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Layanan pemeriksaan tes GeNose C-19 di Stasiun Prujakan sekarang bertarif Rp30.000. Diharapkan dengan kehadiran layanan ini, bisa menjadi alternatif pilihan bagi calon penumpang KA jarak jauh di dalam mematuhi persyaratan protokol kesehatan yang telah ditetapkan,\" katanya.

Dengan adanya penambahan ini, Suprapto mengungkapkan, berdasarkan data pada hari ini (20/3), sejak pukul 08.00 hingga 11.00 WIB, di Stasiun Cirebon Prujakan tercatat sudah 40 peserta yang telah mengunakan layanan tes GeNose ini.

\"Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas, serta tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes,\" ungkapnya.

Disebutkan Suprapto, sebagai salah satu persyaratan protokol kesehatan dalam menggunakan KA jarak jauh penumpang KA diharuskan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

\"Khusus untuk keberangkatan pada hari libur keagamaan dan libur panjang diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif screening Covid-19 yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan. Sejak awal hadirnya layanan pemeriksaan GeNose C19 di wilayah Cirebon dalam rangka screening Covid-19 pada moda transportasi kereta api, telah berjalan dengan lancar,\" sebutnya.

2

Suprapto menjelaskan, layanan perjalanan Kereta Api (KA) selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

\"Kami juga mengimbau kepada pelanggan untuk mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M. Yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan untuk memutus penyebaran Covid-19 di moda transportasi kereta api,” pungkasnya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait