Jelang Ramadan, Pemerintah Perlu Memastikan Stabilitas dan Ketersediaan Bahan Pokok

Selasa 23-03-2021,23:15 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

JAKARTA – Pemerintah perlu mengantisipasi dan memastikan ketersediaan bahan pokok jelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Termasuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok.

Anggota Komis VI DPR RI Mahfudz Abdurrahman mengatakan, stok barang kebutuhan pokok masyarakat yang aman dan dipastikan tersedia untuk momen Ramadhan dan Idul Fitri akan sangat berpengaruh pada harga.

“Jika stok barang kebutuhan pokok bagi masyarakat aman dan dipastikan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat yang tinggi di bulan ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, hal ini dapat menyebabkan para pelaku usaha tidak punya peluang untuk menaikkan harga sesuai keinginannya sepihak,” terangnya, Selasa (23/3).

Sehingga, kata Mahfudz, melonjaknya harga yang terjadi dapat menimbulkan keresahan pada masyarakat, khususnya yang masyarakat ekonominya menengah ke bawah. Apalagi masih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang berdampak pada tingkat kemampuan membeli.

Ia melanjutkan, masyarakat sangat berharap kepada pemerintah agar mampu memberikan jaminan kondisi ketersediaan bahan kebutuhan pokok. Dan akan sangat senang jika stabilitas harga tetap terjaga dan tidak mengalami kenaikan.

Mahfudz menegaskan, kehadiran pemerintah dalam penanganan masalah pasokan bahan sembako guna kebutuhan di bulan ramadhan dan Idul Fitri dan menjaga stabilitas harga menjadi bukti bahwa pemerintah sangat peduli terhadap masyarakat secara keseluruhan.

“Sehingga selama bulan puasa dan lebaran masyarakat tidak terbebani dengan naiknya harga bahan kebutuhan pokok di pasaran, dan tidak mungkin akan memicu keresahan pada masyarakat sehingga terjadi kericuhan,” tandasnya. (khf/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait