Pandemi Tuntut Perubahan Perilaku

Senin 29-03-2021,23:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

JAKARTA - Rangkaian peristiwa pandemi Covid-19 yang melanda dunia menuntut perubahan perilaku manusia yang lebih sehat. Dibutuhkan perubahan perilaku 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas) secara benar dan konsisten.

\"Semua pandemi yang memakan ratusan bahkan puluhan juta korban menuntut perubahan perilaku manusia,\" tegas Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

\"Diperlukan perubahan perilaku. Terutama mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker. Siapa yang mengajar? Harusnya ibu dan guru. Sejak kecil anak-anak harus diajarkan. Karena yang namanya pandemi tidak ada yang selesai dalam kurun satu tahun. Bisa sampai lima bahkan sampai puluhan tahun. Selanjutnya berubah jadi epidemi,\" imbuhnya.

Ada empat strategi yang direkomendasikan oleh WHO dalam mengendalikan laju penularan virus. Selain melalui perubahan perilaku juga perlu didukung oleh kegiatan diagnosis dalam mengecek potensi penularan penyakit pada orang yang sehat.

“Selanjutnya dengan vaksinasi yang diberikan kepada orang yang sehat ini juga penting. Strategi untuk orang yang sakit cuma satu. Yaitu perawatan. Semua itu harus dijalankan dengan disiplin. Untuk mencapai hal tersebut, harus dibangun dan dipersiapkan,\" pungkasnya. (rh/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait