Partisipasi Lansia Ikuti Vaksinasi Covid-19 Rendah

Kamis 01-04-2021,18:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

JAKARTA - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Sisi Nadia Tarmizi menyesali rendahnya partisipasi warga di atas 60 tahun atau lansia mengikuti vaksinasi Covid-19.

\"Kita lihat bahwa, tingkat kematian karena Covid-19 pada lansia di atas 60 tahun tiga kali lebih tinggi. Tapi disayangkan partisipasi lansia mengikuti vaksinasi Covid-19 sangat rendah,\" kata Nadia di Jakarta, (31/3).

Berdasarkan catatan Kemenkes per Selasa (30/3) pukul 12.00 WIB, vaksinasi terhadap lansia baru dilakukan terhadap sekitar 1,5 juta orang. Angka itu hanya 7,6 persen dari target vaksinasi yang seharusnya dilakukan kepada kelompok lansia sebanyak 21 juta orang.

\"Jumlah itu juga paling rendah dibanding dua kelompok prioritas lain yang menerima vaksin yakni, tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik,\" ujarnya.

Adapun jumlah tenaga kesehatan yang telah disuntik vaksin di hari yang sama telah mencapai 1,4 juta atua 97,65 persen dari target yang ditetapkan.

\"Sedangkan, ada 4,7 juta petugas pelayanan kesehatan yang tercatat sudah divaksinasi. Jumlah tersebut merupakan 27,55 persen dari total 17,3 juta target vaksinasi kepada kelompok tersebut,\" terangnya.

Nadia berharap, masyarakat bisa terlibat aktif dalam proses vaksinasi kepada lansia. Pihaknya meminta, masyarakat agar dapat mengajak keluarga, tetangga, kerabat mereka yang masuk kelompok lansia untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

2

\"Mungkin, rendahnya jumlah vaksinasi lansia karena informasi atau sosialisasi bahkan juga proses-proses registrasi pendaftaran yang kita lakukan secara elektronik ini tidak diketahui usia di atas 60 tahun,\" pungkasnya. (der/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait