Laksanakan Program Kemendikbud RI

Sabtu 03-04-2021,18:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Dalam rangka meningkatkan kualitas dan pengembangan kurikulum, Fakultas Teknik (FE) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon mengadakan forum group discussion (FGD). Acara yang digelar Program Studi Teknik Elektro tersebut berlangsung di Kampus 1 UGJ, Rabu (31/3).

Rektor UGJ, Prof DR H Mukarto Siswoyo MSi mengatakan, kampusnya menghadirkan dosen-dosen praktisi dari kalangan industri dan kalangan bisnis untuk memberi pembelajaran, agar mahasiswa mendapat pengalaman.

UGJ, masih kata Mukarto, berupaya untuk mengimplementasikan program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, yakni, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Juga melakukan revitalisasi kurikulum yang seyogianya merujuk pada dunia kerja dan dunia industri.

“Kami ingin lulusan UGJ memiliki knowledge, skill, dan attitude yang dibutuhkan sebagai seorang profesional untuk bekerja atau berwirausaha sesuai dengan bidang studi dan kepeminatannya,” kata Mukarto.

Dekan Fakultas Teknik, Fathur Rohman ST MT menyampaikan, kegiatan kali ini untuk mengembangkan Prodi Teknik Elektro dalam revitalisasi kurikulum yang disesuaikan dengan MBKM, program Kemendikbud RI yang disesuaikan dengan kebutuhan industri. Selain itu, kegiatan ini akan ditindaklanjuti dalam bentuk kerja sama berupa magang mahasiswa dan pengembangan laboratorium sebagai sarana aplikasi keilmuan dan teori.

Terkait dengan penyesuaian dalam kurikulum, kata Fatur, bisa diimplementasikan dengan program pemagangan mahasiswa. Baik itu di bidang dunia industri maupun bidang professional. Serta, terus memperhatikan kebutuhan-kebutuhan masyarakat dengan terus peningkatan kualitas.

“Untuk itu, saya mengajak milinial memilih perguruan tinggi yang dapat mengantarkan ke dunia industri dan professional. Pilihannya adalah Fakultas Teknik UGJ,” kata dia.

2

Fatur menambahkan, acara ini didukung oleh semua unsur pimpinan sebagai bentuk dukungan peningkatan kualitas akademik. Yakni dengan menghadirkan para wakil rektor, kepala lembaga, badan, para dekan fakultas dan direktur pascasarjana. Serta stake holder dari Telkom dan  Master Media. (abd/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait