Puluhan Penari Ikuti Festival Lomba Tari Topeng di Keraton Kacirebonan

Sabtu 03-04-2021,20:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Puluhan penari tradisional mengikuti Festival Lomba Tari Topeng di Keraton Kacirebonan, Sabtu (3/4).

Selain menjaring bakat generasi penerus pelestarian kesenian Tari Topeng, kegiatan tersebut juga dalam rangka memeriahkan Milad (hari jadi) Keraton Kacirebonan yang ke 213.

\"Ya kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Milad ke-213 Keraton Kacirebonan. Masih banyak kegiatan lainnya yang bakal kami gelar di Milad Keraton Kacirebonan ini,\" ujar Ketua Pelaksanaan Milad ke-213 Keraton Kacirebonan, Elang Raden Agus Dzulkarnaen.

Menurut Agus, Keraton Kacirebonan bakal menggratiskan tiket masuk berwisata ke keraton.

\"Nanti tanggal 10 April 2021, kami menggratiskan wisatawan berkunjung ke Keraton Kacirebonan mulai pukul 09.00 hingga 19.00 WIB. Dan malam harinya kami menggelar prosesi puncak milad di ruang Prabayaksa Keraton Kacirebonan dengan sederet acara, termasuk syukuran dan doa bersama,\" ujarnya.

Sementara itu, Nani Sawitri, salah satu dewan juri lomba tari topeng mengatakan, animo masyarakat yang mengikuti lomba tari topeng kelana ini cukup besar.

\"Beberapa yang kami nilai dalam lomba tari topeng kelana ini yakni penguasaan gerak tari, wirama, wiraga dan penguasaan ruang,\" katanya.

2

Nani berharap, kegiatan lomba tari tradisional bisa dilakukan di tempat lain oleh instansi pemerintah maupun swasta.

\"Ya harapan kami agar kegiatan lomba tari topeng kelana atau kesenian tradisional lain ya bisa digelar di tempat lain bukan hanya di keraton. Pemerintah maupun instansi swasta agar juga bisa mewadahi pengembangan kreativitas anak dalam melestarikan seni tari topeng Cirebon,\" pungkasnya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait