Seperti Bajak Laut, Militer AS Kuasai Lokasi Kaya Minyak di Suriah

Minggu 04-04-2021,21:00 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

MILITER Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah secara rutin mengirim peralatan logistik dan amunisi dari Irak ke Suriah. Yang tebaru sebuah konvoi kendaraan militer AS terlihat bergerak pada Jumat (2/4).

Mengutip Kantor Berita RMOL dari SANA, konvoi tersebut diisi dengan peralatan logistik dan amunisi. Mereka bergerak menuju pangkalan militer AS di dalam ladang minyak Kuniko di Provinsi Deir Ez-Zor.

Namun sumber-sumber lokal tidak mengetahui apakah konvoi tersebut berasal dari Irak.

Kehadiran militer AS di Suriah telah menciptakan kemelut tersendiri. Eksistensi mereka tanpa mandat PBB atau izin dari pihak berwenang.

Sebagian besar militer AS ditempatkan di berbagai lokasi yang diketahui kaya akan minyak.

Gedung Putih berdalih, kehadiran pasukannya di Suriah untuk melindungi situs minyak agar tidak direbut oleh teroris. Namun pemerintah Suriah menuding AS sebenarnya hanya mencuri sumber daya alam.

Menteri Perminyakan dan Sumber Daya Mineral Suriah Bassam Tomeh mengatakan, militer AS mengendalikan 90 persen dari kapasitas produksi minyak di Suriah.

2

Pada pertengahan Maret 2021 tindakan mereka telah mengakibatkan kerusakan senilai 92 miliar dolar AS pada sektor minyak Suriah.

\"Amerika dan sekutunya menargetkan kekayaan minyak Suriah dan kapal tankernya seperti bajak laut,\" kata Tomeh, seperti dikutip Sputnik.

AS sendiri tidak menyangkal telah menyelundupkan minyak keluar dari Suriah dan menjualnya, tetapi mengklaim bahwa semua keuntungan masuk ke kantong warga Suriah. (*/RMOL)

Tags :
Kategori :

Terkait