Sering Sakit Anyang-Anyangan? Ternyata Penyebabnya Mengerikan…

Selasa 06-04-2021,07:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

SIAPA sih diantara kalian semua yang sering sekali sakit anyang-anyangan? Mulai sekarang jangan anggap sepele penyakit ini loh tipstrenners. Beberapa faktor terjadinya anyang-anyangan justru karena terdapat penyakit tertentu yang memerlukan perhatian khusus.

Anyang-anyangan atau dalam bahasa medis bernama dysuria ini merupakan penyakit buang air kecil yang tidak tuntas disertai rasa nyeri atau terbakar.

Pada wanita, kondisi anyang-anyangan juga bisa disebabkan oleh diabetes dan penyakit tertentu.

Bukan hanya itu saja berikut merupakan beberapa faktor anyang-anyangan terjadi pada kamu. Ingat sekali lagi, jangan pernah disepelekan!

1. Infeksi Saluran Kemih

Salah satu penyebab utama anyang-anyangan adalah adanya infeksi pada saluran kemih atau ISK.

Kondisi ini dapat terjadi saat air kencing banyak sekali mengandung bakteri berlebih dan menumpuk di suatu tempat di saluran kemih, termasuk ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra.

2

2. Infeksi Prostat

Infeksi prostat atau prostatitis adalah infeksi bakteri jangka pendek. Selain itu, peradangan dari kondisi lain seperti penyakit menular seksual juga dapat menyebabkan prostatitis.

3. Batu Ginjal

Batu ginjal sendiri adalah kumpulan kalsium atau asam urat yang membentuk batu di dalam dan seitar ginjal.

Terkadang, batu ginjal juga dapat menempel di dekat area tempat urine masuk ke kandung kemih, sehingga memicu terjadinya anyang-anyangan.

4. Kista Ovarium

Kista ovarium dapat menekan kandung kemih dan menyebabkan rasa nyeri saat buang air kecil. Kista ovarium dapat berkembang di satu atau kedua ovarium yang terletak di kedua sisi kandung kemih.

Selain mengalami anyang-anyangan, wanita dengan kista ovarium kemungkinan juga akan mengalami beberapa gejala lainnya, seperti rasa nyeri di area panggul, pendarahan pada vagina yang tidak biasa dan masih banyak yang lainnya.

Tags :
Kategori :

Terkait