Siapkan Inovasi Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

Rabu 07-04-2021,20:45 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Pemerintah Kabupaten Cirebon menggelar pertemuan teknis dan sosialisasi kegiatan perencanaan terpadu kesehatan ibu dan anak di Hotel Patra, Jalan Tuparev, Selasa (6/4).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi menyebutkan salah satu upaya untuk menekan menekan jumlah angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian anak (AKA) adalah dengan meningkatakan derajat kesehatan.  Dalam upaya menekan angka kasus tersebut, pemerintah daerah bakal mengeluarkan sejumlah inovasi program.

\"Target kita adalah menekan angka kasus, caranya nanti dengan mengeluarkan berbagai terobosan, hal ini penting untuk meningkatkan derajat kesehatan msyarakat,\" ujarnya.

Ditambahkannya, kesehatan ibu dan anak di Kabupaten Cirebon sebenarnya sudah dipantau dengan baik oleh para kader PKK. Namun harapannya, dengan adanya kegiatan tersebut, kegiatan pemberdayaan akan lebih dimaksimalkan.

Akademisi Universitas Diponegoro, Dra Ayun Sritami MKes menjelaskan dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat perlu adanya dukungan anggaran dari berbagai sumber. Salah satunya dari dana desa di setiap wilayah. Namun demikian, perlu juga adanya dukungan dari masyarakat, sehingga upaya ini bisa terus di tingkatkan dan Kabupaten Cirebon menjadi kota paling sehat.

\"Nantinya tinggal diperkuat oleh pimpinan daerah. Meskipun begitu, ini tidak mungkin menekan sampai nol, setidaknya menurun,\" ungkap. (dri)

Tags :
Kategori :

Terkait