Yeayyy! BRT Trans Cirebon Gratis 2 Minggu

Jumat 09-04-2021,12:45 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON – Bus Rapid Transit (BRT) atau Bus Trans Cirebon akan dilakukan soft launching pada 12 April mendatang. Selama 2 minggu, penumpang tidak dipungut biaya alias gratis.

Kepala Dishub Kota Cirebon Andi Armawan menegaskan kalau 12 April nanti lebih tepat disebut soft launching. Bukan launching.

Mempertimbangkan seluruh aspek pendukung yang diakui belum sepenuhnya terpenuhi. Misalnya soal 8 tempat pemberhentian bus atau halte yang semi permanen.

Terhitung saat soft launching tanggal 12 April mendatang Pemda Kota Cirebon sepakat untuk menggratiskan penumpang yang ingin merasakan sensasi menaiki bus aksen putih-biru.

Gratis selama 2 minggu. Soft launching itu akan terlebih dulu melintas rute pertama atau dalam kota.

Andi Armawan ingin ada efek pendukung saat bus tesebut sudah beroperasi.

Salah satu yang harus dilaksanakan menurut mantan kepala Satpol PP Kota Cirebon itu adalah pembayaran non tunai. Layaknya e-toll. Menyoal tarif juga belum sepenuhnya tuntas.

2

Dikatakan Andi, kesepakatan tarif akan dilakukan PT BIG dengan PD Pembangunan melalui perjanjian kerjasama usaha terkait pembayaran.

Dalam forum rapat kemarin juga semua sepakat kalau bus ini tak melenceng dari peruntukannya. Sesuai nama Bus Rapid Transit diharapkan dan ditekankan bus ini jangan berhenti sembarangan.

Hanya boleh berhenti --mengangkut dan menurunkan penumpang di 8 halte itu. Training terhadap PLB juga ditekankan kadishub. Agar mereka tertib. Meminimalisasi risiko gesekan dengan angkutan yang sudah ada selama ini. (ade)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait