Dialog Damai Afghanistan Ditunda Hingga Setelah Idul Fitri

Kamis 22-04-2021,05:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

TURKI memutuskan untuk menunda konferensi perdamaian Afghanistan hingga akhir bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Konferensi yang sangat dinanti-nantikan itu sebelumnya dijadwalkan diadakan pada 24 April hingga 4 Mei di Istanbul, Turki.

Namun Taliban telah menolak untuk menghadiri pertemuan tersebut, kecuali setelah seluruh pasukan asing di Afghanistan ditarik.

“Konferensi tidak akan berarti tanpa bergabungnya Taliban. Saat ini kami putuskan untuk menunda karena belum ada kejelasan tentang pembentukan delegasi dan partisipasinya,\" jelas Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada Selasa (20/4), seperti dikutip Al Jazeera berita RMOL.

Cavusoglu mengatakan tidak perlu terburu-buru untuk mengadakan konferensi, khususnya setelah AS memutuskan untuk menarik pasukannya dari Afghanistan.

\"Kami pikir akan bermanfaat untuk menundanya. Kami berkonsultasi dengan Qatar, Amerika Serikat, dan PBB, dan memutuskan untuk mengadakannya setelah perayaan Ramadhan dan Idul Fitri,\" ujarnya.

Penundaan itu dikonfirmasi oleh dua sumber lain, termasuk seorang pejabat yang terlibat dalam proses perencanaan konferensi.

Sementara itu, jurubicara Taliban Mohammad Naeem mengatakan pihaknya tidak mendapatkan informasi tentang penundaan itu.

2

Sedangkan jurubicara pemerintah Afghanistan menolak untuk berkomentar.

Tahun lalu, AS dan Taliban sepakat untuk menarik semua pasukan asing dari Afghanistan paling lambat pada 1 Mei.

Namun Presiden AS Joe Biden memutuskan untuk menarik pasukannya paling lambat pada 1 September, memperingati 20 tahun tragedi 9/11.(*)

Tags :
Kategori :

Terkait