TPID Kota Cirebon Luncurkan Pasar Murah Digital

Jumat 23-04-2021,21:45 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Di tengah ketidakpastian harga sembako, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon menggelar pasar murah.

Namun, karena masih di masa pandemi Covid-19 pasar murah dilakukan sengan cara digital atau belanja menggunakan aplikasi dan pesanan bisa langsung diantarkan kepada konsumen secara gratis.

Pasar murah mulai diluncurkan di Balai Kota Cirebon, Jumat (23/4). Adapun aplikasi pasar murah tersebut bernama Pasarmu. Melalui aplikasi Pasarmu ini masyarakat dapat berbelanja sembako dengan harga yang cukup terjangkau.

Untuk pembayarannya pun dilakukan secara digital melalui seluruh platform pembayaran digital lewat kurir yang dibekali dengan ID Bar code Qris. Upaya pasar digital ini juga untuk menyikapi kegiatan di tengah pandemi Covid-19, sehingga masyarakat tidak harus kontak langsung dengan penjual.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon sekaligus Wakil Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon, Bakti Artanta menyebutkan, tahun lalu pasar murah yang rutin digelar setiap Ramadan ditiadakan akibat pandemi.

\"Biasanya kan pasar murah itu diadakan di satu tempat dan masyarakat datang ke sana (pasar murah). Tapi karena tahun ini masih pandemi, kami adakan lagi hanya dalam bentuk digital,\" katanya ditemui di Balai Kota Cirebon usai launching pasar murah digital, Jumat (23/4).

Sementara itu, Agus Mulyadi selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon sekaligus Ketua Pelaksana Harian TPID Kota Cirebon menuturkan, pasar murah digital merupakan bagian dari upaya percepatan digitalisasi daerah.

2

\"Situasi sekarang membuat kita semua harus melakukan terobosan sebagai penyesuaian, salah satunya dengan digitalisasi. Kalau tidak bisa berubah, ya kita tergerus,\" tuturnya.

Agus berharap, pasar murah digital dapat meningkatkan taraf hidup mitra usaha yang terlibat, salah satunya petani sebagai produsen dan UMKM binaan. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait