Selama Ramadan 2021, Pemkab Cirebon Salurkan Bantuan untuk Masjid, Musala, dan Guru Ngaji

Jumat 23-04-2021,23:15 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Di bulan suci Ramadan tahun 2021 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon menyalurkan bantuan kepada pemerintah desa (pemdes) untuk diberikan ke musala, masjid, dan guru ngaji.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Cirebon Imron saat menggelar Safari Ramadan di Masjid Jami Al Makmur, Desa Mertapada Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jumat sore (23/4).

\"Besaran bantuan yakni Rp10 juta dengan rincian sebesar Rp5 juta untuk santun anak yatim piatu dan Rp5 juta bagi kaum duafa. Anggaran tersebut dihimpun langsung oleh Badan Amil Zakat Nasioanal (Baznas) Kabupaten Cirebon. Kemudian, uang Rp6,25 miliar disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon sebesar Rp75 juta untuk bantuan di lima masjid yang menjadi lokasi safari Ramadan,\" ungkapnya.

Menurut bupati, bantuan sebesar Rp2,47 miliar untuk disalurkan ke masjid dan musala di 412 desa. Masing-masing masjid mendapatkan Rp6 juta. Sedangkan untuk musala, mendapatkan Rp3 juta.

\"Sementara untuk guru ngaji di Kabupaten Cirebon, pemerintah menyalurkan anggaran sebesar Rp1,23 miliar. Setiap desa, ada 10 guru yang mendapatkan bantuan sebesar Rp300 ribu,\" ujarnya.

Bupati Cirebon Imron menjelaskan, Safari Ramadan dilakukan sebagai cara silaturahmi antara pemerintah daerah dengan masyarakat di Desa Martapada.

\"Berhubung saat ini pandemi, acara hanya dilakukan sebatas buka puasa bersama saja. Biasanya setelahnya dilakukan tarawih berjamaah. Pada Safari Ramadan ini, Kami Pemkab Cirebon menyosialisasikan program kepada masyarakat. Penyampaian pun dilakukan secara singkat tidak dengan diskusi seperti di tahun sebelumnya,\" jelasnya.

2

Masih kata Imron, kegiatan tersebut bakal dilakukan di lima kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon.

\"Tidak lupa bantuan masjid dan warga yang membutuhkan kami salurkan juga,\" pungkasnya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait