Pengurus FKDM Kabupaten Cirebon Silaturahmi ke Pendopo, Begini Harapan Bupati

Rabu 28-04-2021,23:15 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) diharap bisa membawa Kabupaten Cirebon ke arah yang lebih baik.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Cirebon Imron saat menerima pengurus FKDM Kabupaten Cirebon di Pendopo Bupati Jalan Kartini Kota Cirebon, Rabu (28/4).

\"Saya sangat berterima kasih kepada FKMD yang sudah membantu Pemkab Cirebon dalam hal kewaspadaan secara dini di masyarakat. Semoga FKDM ini bisa membawa Cirebon yang toleran, demokratis, ekonomi bisa maju dan nilai keagamaan kemasyarakatannya juga bagus. Karena peran agama masing-masing sangat penting untuk selalu hadir di masyarakat,\" ungkapnya.

Dijelaskan bupati, Indonesia masih sangat perlu adanya kewaspadaan dini di masyarakat.

\"Negara kita ini mempunyai ciri khas sendiri, tapi tetap kita perlu adanya kewaspadaan dini di masyarakat. Karena sekarang banyak sekali anak muda yang mudah dibujuk rayuan maupun didoktrin yang bersifat radikalisme untuk mengacaukan kesatuan negara,\" jelasnya.

Sementara itu, Ketua FKDM Kabupaten Cirebon, Dadang mengatakan, FKDM terbentuk sejak tahun 2016.

\"Kami dari FKDM tetap di bawah bimbingan dari Kesbangpol Kabupaten Cirebon. Kami dibentuk untuk membantu pemerintah daerah dalam menjaga kondusivitas Kabupaten Cirebon dengan melakukan kegiatan deteksi dini serta melakukan kewaspadaan dan cegah dini,\" katanya.

2

Selain deteksi dini di masyarakat, Dadang menuturkan, FKDM selalu melakukan rapat koordonasi dengan pihak terkait.

\"Tugas kami juga meliputi bencana alam serta lapor cepat tentang potensi terjadinya konflik di masyarakat serta melakukan sosialisasi FKDM dari tingkat kecamatan sampai kelurahan maupun desa,\" tuturnya.

Dijelaskan Dadang, kepengurusan FKDM Kabupaten Cirebon terkendala dengan personel. Bahkan, pihaknya menginginkan adanya bantuan dari Pemkab Cirebon supaya bisa mewujudkan FKDM sampai tingkat paling bawah.

\"Personel FKDM Kabupaten Cirebon hanya tujuh orang. Ini sangat kurang mengingat wilayah Kabupaten Cirebon yang sangat luas. Sehingga diharapkan ke depan setiap desa dan kecamatan ada anggota FKDM demi keamanan masyarakat,\" pungkasnya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait