5 Dosa Ini Sering Dilakukan Lagi Setelah Puasa

Kamis 29-04-2021,10:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

BULAN suci ramadhan memang menjadikan kita sangat teliti dalam melakukan sesuatu, seperti halnya enggan ngomongin orang, berbohong atau marah saat sedang puasa. Selain itu, kita juga mendadak rajin beribadah selama bulan puasa.

Tapi tanpa disadari kebiasaan yang menyebabkan dosa nampaknya akan kembali dilakukan setelah bulan ramadhan tiada.

1. Tidak Menjaga Ucapan

Saat puasa kita tidak berani ngomongin orang, marah tanpa alasan yang jelas dan juga kita tidak berani berbohong. Tapi setelah bulan puasa selesai, entah kenapa kita jadi suka berbohong lagi, ngomongin orang sering banget, dan kadang tidak bisa mengendalikan emosi. Parahnya lagi kita jadi sering mengeluarkan perkataan yang dapat menyakiti hati orang lain.

2. Jarang Sholat

Karena di bulan puasa pahala akan dilipat gandakan, kita mendadak jadi rajin beribadah. Kita tidak pernah melewatkan sholat lima waktu walau hanya satu kalipun. Namun setelah keluar dari bulan Ramadhan, kita kembali lagi jadi jarang melaksanakan sholat lima waktu.

3. Tidak Menjaga Prilaku

2

Puasa itu bisa membentengi kita dari perbuatan keji. Namun kebanyakan orang tidak bisa menjaga prilakunya setelah bulan puasa usai. Padahal waktu puasa kita benar-benar teliti melihat gerak-gerik prilaku kita karena takut puasa jadi batal. Tapi di bulan-bulan lain, perilaku kita malah tidak mencerminkan seorang Muslim.

4. Lupa Beristighfar

Ketika melihat wanita cantik dan seksi saat puasa, dalam hati kita kadang reflek mengucapkan istigfar. Kemudian kita memalingkan pandangan karena takut dosa. Eh pas bukan bulan puasa, melihat cewek seksi seperti jadi tontonan yang asyik. Tidak ada istigfar dalam hati.

5. Jarang Bersedekah

Saat puasa kita mungkin sering bersedekahh terhadap sesama dengan niat ingin diberi pahala. Namun di bulan-bulan biasa, kita jadi jarang bersedekah dan malah pelit yang kita pelihara.(tipstren)

Tags :
Kategori :

Terkait