Ramadan Berbagi, YBM PLN UIP JBT Berikan Santunan

Kamis 29-04-2021,13:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

BANDUNG- Di bulan suci Ramadaan 1442 H,  Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) menyalurkan bantuan santunan senilai Rp22 juta untuk anak yatim duafa di wilayah Kabupaten Bandung dan Kota Bandung, Jawa Barat.

Bantuan ini merupakan bagian dari serangkaian program Ramadan Berbagi yang meliputi 3 program. Yaitu Senyum Yatim Duafa, Santunan Guru Ngaji dan Marbot Masjid, serta Muslimah Tangguh yang dilaksanakan di 4 lokasi berbeda.

\"Program ini merupakan bantuan tahap 1 dari serangkaian program Ramadan. Ini merupakan wujud kepedulian para pegawai PLN untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang kurang beruntung. Semoga bantuan ini dapat memberikan keberkahan bagi penerima bantuan maupun para muzakki PLN UIP JBT,” ujar Octavianus Duha selaku pembina YBM PLN UIP JBT.

Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN adalah lembaga Amil Zakat berbasis korporat yang fokus pada pendayagunaan dan pendistribusian manfaat dana zakat yang berasal dari pemotongan langsung atas payroll pegawai muslim PLN di seluruh indonesia setiap bulannya.

Melalui YBM PLN UIP JBT, sebanyak 14 anak yatim duafa di Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Bandung mendapatkan bantuan program Senyum Yatim Duafa berupa santunan senilai Rp200 ribu per orang. Bantuan tersebut diberikan melalui Amil YBM PLN UIP JBT,  Muhammad Daerobi, Jumat (23/4) lalu.

Selain itu, YBM PLN UIP JBT juga menyalurkan bantuan santunan senilai Rp300 ribu per orang untuk 20 orang guru ngaji dan marbot masjid serta santunan senilai Rp300 ribu per orang untuk 44 orang muslimah tangguh yang tergolong jompo, lansia dan duafa di beberapa titik lokasi di Kabupaten Bandung dan Kota Bandung.

Salah seorang guru ngaji di Yayasan Rumah Tahfidz Nurul Falah, Ustad Mimid Sudrajat mengatakan bantuan ini sangat berarti dalam mendukung kegiatan belajar mengajar di yayasannya. Yayasan Rumah Tahfidz Nurul Falah yang berlokasi di Ujung Berung, Kota Bandung tersebut memiliki 10 guru ngaji yang mayoritas adalah perempuan dan tidak digaji.

2

“Terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh YBM PLN untuk para guru ngaji. Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat bagi guru di sini dan menjadikan berkah bagi para muzakki PLN UIP JBT,” ujar Mimid.

Ke depannya selama Ramadan, YBM PLN UIP JBT akan melaksanakan beberapa program secara bertahap. Salah satunya adalah berbagi bingkisan Ramadan berupa paket sembako untuk keluarga duafa.

Program Ramadan Berbagi ini merupakan salah satu wujud ikhtiar YBM PLN sebagai upaya memberikan manfaat hingga lapisan masyarakat terbawah, khususnya di bulan suci Ramadan 1442 H.(via/opl)

Tags :
Kategori :

Terkait