KKB Ditetapkan sebagai Organisasi Teroris, Hamdan Zoelva: Sudah Tepat

Kamis 29-04-2021,18:30 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva sepakat dengan pemerintah yang menetapkan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua, sebagai kelompok teroris.

Hamdan menilai, langkah itu tepat sebab selama ini kelompok tersebut kerap menebar teror dan pembunuhan kepada warga sipil.

“Sudah tepat pemerintah menetapkan OPM sebagai organisasi teroris. Hal yang seharusnya sudah lama pemerintah melakukannya, karena korban intimidasi dan pembunuhan terhadap warga sipil dan transportasi di Papua terus terjadi dan mengancam kebebasan sipil,” ujar Hamdan lewat keterangan tertulisnya, Kamis (29/4).

Dia mengatakan, label teroris itu akan menjadikan proses penegakan hukum menjadi tepat.

“Dengan ditetapkan menjadi organisasi teroris, proses penegakkan hukum yang tegas terhadap anggota dan yang memberi dukungan terhadap gerakan ini dapat dilakukan melalui mekanisme hukum,” katanya.

Namun demikian, menurut dia, pemerintah perlu membuka ruang-ruang dialog dengan masyarakat. “Pada sisi lain pemerintah harus tetap melakukan pendekatan dialog dan pendekatan kesejahteraan seperti yang telah dilakukan selama ini,” cetusnya.

Baca juga:

2

Hukum Selalu Menjalankan Puasa Tapi Tidak Pernah Tarawih?

Petasan Kembali Makan Korban, Kakak Beradik Ini Tewas Mengenaskan

Potret Nor Baiti Rahmah, Gadis Cantik yang Tewas Mengenaskan di Dalam Kamar, Ini Kesaksian Sahabat

Tags :
Kategori :

Terkait