Majalengka Satu-satunya Zona Merah di Pulau Jawa, Bupati Merasa Ada yang Aneh

Senin 17-05-2021,17:15 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

MAJALENGKA – Kabupaten Majalengka menjadi satu-satunya zona merah di Pulau Jawa. Hal itu sesuai dengan data Satgas Covid-19 yang dirilis pada 9 Mei 2021.

Pulau Jawa yang beberapa waktu sebelumnya sudah bebas dari zona risiko tinggi Covid-19, kini kembali memiliki satu wilayah zona merah yakni Majalengka.

Atas dirilisnya data dari Satgas Covid-19, Bupati Majalengka, Dr H Karna Sobahi MMPd merasa ada yang aneh.

Pasalnya, pekan lalu kasus Covid-19 di Kabupaten Majalengka berdasarkan hasil kajian tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan.

\"Kalau lihat zona merah di Majalengka cuma 1, di Desa Gandu Kecamatan Dawuan saja. Yang lain itu orange dan kuning,\" kata bupati dalam jumpa pers, di Pendopo Gedung Negara, seperti dilansir dari Radar Majalengka.

Berdasarkan hasil pelacakan kontak erat yang dilakukan oleh beberapa satgas di tingkat kecamatan, hasil laporan dan data pekan lalu ditemukan hanya Desa Gandu dan Desa Genteng yang kedapatan terjadinya penularan.

\"Data yang ada di Catgas Covid-19 Kabupaten Majalengka cuma Desa genteng dan Gandu, yang beberapa minggu lalu terjadi klaster di sana, dan mereka statusnya OTG sudah sembuh. Kondisinya sudah 10 hari lebih,\" tegasnya.

2

Menurutnya, dari data Pusat Informasi Penyebaran Covid-19 Kabupaten Majalengka masuk dalam zona orange dengan penilaian dan sebaran dalam peta potensi dan risiko penularan yang cukup stagnan.

\"Kalau lihat ini (data Pikom, red), di sini Majalengka orange zonanya, makanya saya juga aneh, tiba-tiba zona merah dengan nilai 1,79. Kalau itung-itung kita 8,5 makanya kita uji data saja, kita bukan protes,\" terangnya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait